KAJIAN EFEKTIVITAS PELAYANAN PARKIR TERMINAL INTERMODA JOYOBOYO PADA PENGGUNA BRT (SUROBOYO BUS)
Terminal Intermoda Joyoboyo saat ini telah bertransformasi menjadi gedung park and ride dan digunakan sebagai terminal asal dan tujuan Suroboyo Bus dengan berbagai macam sarana dan prasarana berbasis modern. Dengan adanya kebijakan ini bertujuan dapat menarik minat masyarakat dalam memarkirkan kendaraan pribadinya dan mendorong aksesibilitas masyarakat dalam melakukan perpindahan moda transportasi dengan aman, nyaman, dan cepat.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode campuran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 50 orang yang menggunakan fasilitas parkir pada terminal intermoda joyoboyo yang nantinya akan di kerucutkan kembali kepada responden yang menaiki suroboyo bus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini melalui kuisioner yang disebar kepada responden dan pengumpulan data primer yang diperoleh dari data literature, arsip, atau dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis efektifitas parkir pada terminal intermoda joyoboyo pada pengguna suroboyo bus (BRT) dengan menggunakan indikator efektifitas program menurut Budiani (2007). Maka didapatkan hasil sebagai berikut: indikator ketepatan sasaran program mendapatkan hasil presentase keefektifitasan sebesar 81,2%, indikator sosialisasi program mendapatkn hasil presentase keefektifitasan sebesar 81,2%, indikator pencapaian tujuan program mendapatkan hasil presentase keefektifitasan sebesar 83,1%, dan indikator pemantauan program mendapatkan hasil presentase keefektifitasan sebesar 85,7%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa program parkir pada terminal intermoda joyoboyo sudah bisa dikatakan efektif. Hal ini juga didukung pernyataan responden bahwa partisipasi masyarakat cukup baik untuk mau bersama-sama menanggulangi masalah lalu lintas yang ada yaitu kemacetan dengan cara beralih dari kendaraan pribadi menuju kendaraan angkutan umum massal yang telah tersedia di terminal intermoda joyoboyo.
The Joyoboyo Intermoda Terminal has now been transformed into a park and ride building and is used as the origin and destination of the Suroboyo Bus terminal with various modern-based facilities and infrastructure. With this policy, it aims to attract public interest in parking their private vehicles and encourage public accessibility in changing modes of transportation safely, comfortably, and quickly. The type of research used in this study is a mixed method. The sampling technique used in this research is Simple Random Sampling. The sample used is 50 people who use parking facilities at the Joyoboyo Intermodal Terminal which will later be coned back to respondents who ride the Suroboyo bus. The data collection technique in this study was through questionnaires distributed to respondents and primary data collection obtained from literature, archives, or documentation data. according to Budiani (2007). Then the following results were obtained: the program target accuracy indicator got an effectiveness percentage of 81.2%, the program socialization indicator got an effectiveness percentage result of 81.2%, the program goal achievement indicator got an effectiveness percentage result of 83.1%, and monitoring indicators the program obtained an effectiveness percentage of 85.7%. From these results it can be concluded that the parking program at the Joyoboyo intermoda terminal can be said to be effective. This is also supported by the respondent's statement that public participation is good enough to be willing to work together to overcome the existing traffic problems, namely congestion by switching from private vehicles to mass public transportation vehicles that are available at the Joyoboyo Intermodal Terminal.