SURVEI KEPUASAN KERJA PEMAKAI TERHADAP LULUSAN DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO DI BIDANG KEAHLIAN TKR
SURVEY USER JOB SATISFACTION OF GRADUATES IN SMK STATE 1 SIDOAJO IN THE FIELD OF TKR
ABSTRAK
Nama : Chandra Kurnia S
NIM : 14050524038
Prodi/Konsentrasi : S1 Pendidikan Teknik Mesin / Otomotif
Jurusan / Fakultas : Teknik Mesin / Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Dr. A. Grummy Wailanduw, M.Pd., MT.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja di bidang jasa dan industri menurut pemilik/ pimpinan perusahaan terhadap prestasi kerja lulusan di SMK Negeri 1 Sidoarjo jurusan TKR tahun 2014, 2015, 2016.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan pendekatan menggunakan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini 56 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket serta dokumentasi.
Hasil di bidang industri indikator yang menjadi tolok ukur pimpinan/perusahaan yaitu indikator kepemimpinan, disiplin, dan inisiatif mendapatkan hasil 82,9 %. Kemudian Hasil di bidang jasa indikator yang menjadi tolok ukur pimpinan/perusahaan yaitu indikator kejujuran, kerja sama, inisiatif dan tanggung jawab mendapatkan hasil 89,11 %
Kata kunci: Pendidikan, Kepuasan kerja, Prestasi kerja
ABSTRACT
Name : Chandra Kurnia S
ID Number : 14050524038
Study Program : S1 Mechanical Engineering Education
Departement : Mechanical Engineering
Faculty : Engineering
University : State University Of Surabaya
Advisor : Dr. A. Grummy Wailanduw, M.Pd., MT.
The purpose of this study is to determine the level of job satisfaction in the service sector and industry according to the owner / leader of the company on the work performance of graduates at SMK State 1 Sidoarjo majoring in TKR in 2014, 2015, 2016.
Research method used in this research is descriptive and a qualitative approach. The sample in this study was 56 students. Data collection techniques using questionnaires and documentation.
Results in the industrial sector, the indicators that are used as benchmarks for leaders / companies, namely the indicators of leadership, discipline, and initiative, get 82.9%. Then the results in the service sector indicators that become benchmarks for leaders / companies, namely indicators of honesty, cooperation, initiative and responsibility get 89.11% results.
Keywords: education, job satisfaction, job performance