BENTUK PERTUNJUKAN GEMBLAK MBAWI DALAM LAKON TIMUN MAS DI DESA HARGORETNO KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN
Abstrak
Gemblak Mbawi memiliki akronim digegem lan diblakne atau memegang teguh nilai-nilai kebaikan dan membuang setiap keburukan dari esensi cerita Panji yang kemudian digambarkan dalam bentuk pertunjukan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pertunjukan Gemblak mbawi pada lakon Timun Mas di Desa Hargoretno Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Dengan hal ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai pengkajian struktur dramatik pada bentuk pertunjukan tradisional karena masih minimnya catatan yang mengupas tentang Gemblak Mbawi di kalangan akademisi dan praktisi, serta dapat membantu meningkatkan eksistensi pertunjukan ini di masyarakat umum. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) bagaimana bentuk pertunjukan Gemblak Mbawi dalam lakon Timun Mas?, 2) bagaimana struktur pertunjukan pada pertunjukan Gemblak Mbawi dalam lakon Timun Mas?. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan objek Gemblak Mbawi. Sumber data menggunakan place, person, dan paper. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diperoleh bentuk pertunjukan Gemblak Mbawi yang didalamnya berisi dua unsur pendukung pementasan diantaranya adalah unsur teater dan drama. Gemblak Mbawi dalam pertunjukanya menyajikan lakon seputar cerita Panji yang salah satunya adalah Timun Mas. Pada pertunjukan ini terdapat struktur yang berisi tiga bagian diantaranya adalah bagian awal yaitu gending atau musik pembuka, bagian pertunjukan Gemblak Mbawi dalam lakon Timun Mas yang disajikan sebagian, kemudian diikuti hiburan pelawak, dan bagian akhir meliputi lanjutan pertunjukan berisi cerita lakon Timun Mas dalam Gemblak Mbawi hingga akhir.
Kata Kunci: Bentuk Pertunjukan, Gemblak Mbawi, Struktur Dramatik
Abstract
Gemblak Mbawi has the acronym digegem lan diblakne or upholding the values of goodness and removing every bad thing from the essence of the Panji story which is then described in the form of a complex performance. This study aims to describe the form of the Gemblak mbawi performance in the Timun Mas play in Hargoretno Village, Kerek District, Tuban Regency. With this, it is hoped that it can add insight into the study of dramatic structures in traditional performances because there are still few records that discuss Gemblak Mbawi among academics and practitioners, and can help increase the existence of this performance in the general public. The formulation of the problem in this study, namely: 1) what is the form of the performance of Gemblak Mbawi in the play Timun Mas?, 2) what is the structure of the performance in the performance of Gemblak Mbawi in the play Timun Mas?. The method used is qualitative with the object of Gemblak Mbawi. The data sources use place, person, and paper. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Using data analysis through the stages of data reduction, data presentation and drawing conclusions.
From the results of the study, it was found that the form of the Gemblak Mbawi performance contained two supporting elements, including theatrical and drama elements. Gemblak Mbawi in his show presents plays around the Panji story, one of which is Timun Mas. In this show there is a structure that contains three parts including the initial part, namely the opening music or music, the part of the Gemblak Mbawi performance in the Timun Mas play which is presented in part, then followed by comedian entertainment, and the final part includes a continuation of the show containing the story of the Timun Mas play in Gemblak Mbawi. until the end.
Keywords: Performance Form, Gemblak Mbawi, Dramatic Structure