PENGEMBANGAN PLATFORM TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TATA BUSANA DI SMK TEKSTIL PANDAAN
DEVELOPMENT OF TIKTOK PLATFORM AS A LEARNING MEDIA FOR FASHION EXTRACURRICULAR AT PANDAAN TEKSTIL VOCATIONAL HIGH SCHOOL
ABSTRAK
Nama : Berlian Puteri Maharani
NIM : 17050404017
Prodi : S1 Pendidikan Tata Busana
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Peppy Mayasari, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kelayakan media Tiktok sebagai media pembelajaran ; (2) mendeskripsikan hasil penilaian produk siswa setelah diberikan media Tiktok sebagai media pembelajaran; (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap media Tiktok sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE. Model tersebut terdiri atas tahap: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa ekstrakurikuler Tata Busana dari kelas XII SMK Tekstil Pandaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian kelayakan oleh 2 ahli (ahli media dan ahli materi), penilaian tugas siswa dan penilaian respon siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan media tutorial yang telah dikembangkan dari penelitian terdahulu, lembar soal tugas yang diberikan kepada siswa, dan angket respon melalui google form. Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan (1) tingkat kelayakan video tutorial desain busana dari kedua ahli mencapai skor rata-rata 4,55 yang tergolong sangat layak; (2) hasil penilaian produk siswa dalam membuat video pembelajaran dengan media Tiktok mencapai 100% di atas Kriteria Ketuntasan Minimal sekolah sebesar 75%; (3) hasil respon siswa terhadap media Tiktok sebagai media pembelajaran mencapai angka 60% untuk kategori sangat setuju dan 40% untuk kategori setuju terhadap penggunaan media Tik Tok sebagai media pembelajaran ekstrakurikuler Tata Busana di SMK Tekstil Pandaan.
Kata kunci: media Tiktok, pengembangan, video tutorial
ABSTRACT
Name : Berlian Puteri Maharani
Study Program : S1 Fashion Education
Faculty : Engineering
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Peppy Mayasari, S.Pd,. M.Pd.
This research applied to 21 of 12th grade Fashion Extracurricular students of Vocational Senior High Tekstil Pandaan. The purpose was to (1) describe the validation level of Tiktok platform as a learning media; (2) describe product scoring result after the learning media was given; and (3) describe the student response about Tiktok as the learning media was given. Method used in this research was Research and Development with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. The learning media were validated by media and subject experts using media validation form, applied in class with project assignment given in assignment form, and applied google form to get the student to respond. Data analyzed in a descriptive qualitative way. The result shows that the video tutorial learning media gains the result score of 4,55 of maximum 5, concluded as very valid, the video learning media can help students reach eligibility level of 100% of 75% minimum standard, concluded as eligible, and the results of student responses reached 60% for the strongly agree category and 40% for the agree category regarding the use of Tiktok media as learning media for Fashion Design extracurricular at Pandaan Textile Vocational High School.
Keywords : Tiktok media, development, video tutorials