PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TARI PADANG ULAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN TARI SISWA SMP
DEVELOPMENT OF PADANG ULAN DANCE LEARNING MULTIMEDIA BASED ON ANDROID APPLICATION TO IMPROVE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS DANCE SKILLS
Prawesti, Ciptaning Rahajeng. 2023. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tari Padang Ulan Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Tari Siswa SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni Budaya. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Trisakti, M.Si., dan (II) Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.
Kata-kata Kunci: Multimedia, Seni Tari, Tari Padang Ulan
Pengembangan multimedia pembelajaran tari Padang Ulan berbasis android ini didesain untuk mata pelajaran seni budaya siswa SMP kelas VIII. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan siswa dalam belajar seni tari khususnya tari Padang Ulan, sehingga siswa merasa senang dan tidak mudah bosan dalam mengikuti proses belajar tari yang memerlukan waktu tidak sebentar. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa pembelajaran tari Padang Ulan yang dikemas dalam aplikasi android. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan multimedia pembelajaran tari Padang Ulan berbasis aplikasi android untuk meningkatkan kemampuan keterampilan tari siswa SMP, (2) menjelaskan kualitas multimedia pembelajaran tari Padang Ulan berbasis aplikasi android untuk meningkatkan kemampuan keterampilan tari siswa SMP, (3) menjelaskan keefektifan multimedia pembelajaran tari Padang Ulan berbasis aplikasi android untuk meningkatkan kemampuan keterampilan tari siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analize, Design, Development, Implementtation and Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan perhitungan prosentase untuk validasi, respon, serta hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil data hitung dengan presentase rata-rata skala linkert (1) Validasi materi mendapat hasil akhir 86,15% yang artinya sangat layak, (2) Validasi media mendapat hasil akhir 87,6% yang artinya sangat layak, (3) Respon guru Respon guru mendapatkan 93,93% yang artinya sangat baik, (4) Respon siswa mendapatkan 88,18% yang artinya sangat baik, (5) Hasil tes tulis siswa yang diuji menggunkan skor N-gain mendapatkan hasil 0,54 yang artinya efektif dan hasil tes tulis siswa menggunakan teknik paired sample t test, menunjukkan bahwa diperoleh signifikasi sebesar 0,000, jika dibandingkan maka 0,000 < 0,05 menyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia pembelajaran tari Padang Ulan berbasis aplikasi android, (6) Hasil belajar tes praktek siswa yang diuji yang diuji hasil belajar tes praktek menggunakan skor N-gain mendapatkan hasil 0,55 yang artinya efektif dan menggunakan teknik paired sample t test, menunjukkan bahwa diperoleh signifikasi sebesar 0,000, jika dibandingkan maka 0,000 < 0,05 menyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia pembelajaran tari Padang Ulan berbasis aplikasi android.
Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini bahwa pengembangan multimedia pembelajaran tari Padang Ulan berbasis aplikasi android untuk meningkatkan kemampuan keterampilan tari siswa SMP sangat layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Hal itu dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi, ahli media, respon guru, respon siswa dan hasil belajar siswa setalah menggunakan aplikasi android. Melalui penelitian ini diharapkan guru seni budaya, selain menggunakan strategi, metode dan model dalam pembelajaran, akan lebih optimal jika ditambah dengan menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan.
Prawesti, Ciptaning Rahajeng. 2023. Development of Padang Ulan Dance Learning Multimedia Based on Android Application To Improve Junior High School Students Dance Skills. Thesis. Study Program of Art and Culture Education. Faculty of Language and Arts. State University of Surabaya. Supervisors: (I) Dr. Trisakti, M.Si., and (II) Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.
Keywords: Multimedia, Dance Art, Padang Ulan Dance
The development of multimedia learning for the Padang Ulan dance based on Android is designed for 8th-grade junior high school students in the subject of cultural arts. This application is created to facilitate students in learning the art of dance, specifically the Padang Ulan dance, so that students feel happy and do not easily get bored during the learning process, which takes a considerable amount of time. This development results in a product in the form of Padang Ulan dance learning packaged in an Android application. This research aims to (1) describe the process of developing multimedia learning for the Padang Ulan dance based on an Android application for junior high school students, (2) explain the quality of multimedia learning for the Padang Ulan dance based on an Android application for junior high school students, (3) describe the effectiveness of multimedia learning for the Padang Ulan dance based on an Android application for junior high school students. This development research uses the ADDIE model with the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data collection techniques used include observation, interviews, and questionnaires. Data is analyzed using percentage calculations for validation, response, and student learning outcomes.
The research results show that the data calculations with the average Likert scale percentage are as follows: (1) Material validation results in a final score of 86.15%, which means it is very suitable, (2) Media validation results in a final score of 87.6%, which means it is very suitable, (3) Teacher response receives 93.93%, which is excellent, (4) Student response receives 88.18%, which is excellent, (5) The results of the written test for students tested using the N-gain score result in 0.54, which means it is effective, and the results of the student's written test using the paired sample t-test technique indicate a significance value of 0.000, which means that 0.000 < 0.05, indicating a significant difference in student learning outcomes when using the multimedia learning for the Padang Ulan dance based on the Android application, (6) The results of the student's practical test, which were tested using the N-gain score, result in 0.55, which means it is effective, and using the paired sample t-test technique indicates a significance value of 0.000, which means that 0.000 < 0.05, indicating a significant difference in student learning outcomes when using multimedia learning for the Padang Ulan dance based on the Android application.
The conclusion of this research and development is that the development of multimedia learning for the Padang Ulan dance based on an Android application to enhance the dance skills of junior high school students is highly suitable and effective for use in the classroom learning process. This is supported by the validation results of content experts, media experts, teacher responses, student responses, and student learning outcomes after using the Android application. Through this research, it is hoped that cultural arts teachers, in addition to using strategies, methods, and models in teaching, will be more optimal if supplemented with enjoyable learning media.