Keberhasilan belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu dari kesehatan jasmani dari seorang siswa, faktor eksternal dipengaruhi oleh kondisi dari luar diri siswa yaitu berupa keluarga, teman, dan peralatan yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh penerapan modifikasi alat terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Modifikasi dengan memakai tali elastis dan alas kaki sebagai pengganti balok tumpuan dan tali elastis sebagai perangsang untuk siswa melakukan lompatan yang lebih jauh yang lebih tepatnya sebagai rintangan bagi siswa, yang diterapkan pada siswa kelas X BDP3 SMK Negeri 2 Blitar dimana pada kelas tersebut belum mendapatkan pelajaran lompat jauh gaya jongkok sehingga diharapkan adanya peningkatan yang segnifikan dari treatment yang diberikan pada kelas tersebut. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian semu dan menggunakan desain Randomized control Group Pre-test and Post-test Design. Sampel adalah kelas X BDP 3 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan kelas X BDP 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 36 siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pengetahuan saat pre-test sebesar 6.36 dan meningkat menjadi 7.11 dengan selisih 0.76 meningkat sebanyak 11.79%. Nilai rata-rata keterampilan saat pre-test sebesar 6.07 meningkat menjadi 6.96 dengan selisih 0.79 meningkat sebanyak 14.66%
Kata Kunci: Hasil Belajar, lompat jauh.
Student learning success in school is influenced by internal and external factors. Internal factors, namely the physical health of a student, external factors are influenced by conditions from outside the student self in the form of family, friends, and equipment used in the process of teaching and learning activities taking place. The purpose of this study was to determine the effect and how much influence the application of the modification of the tool on squat style long jump learning outcomes. Modifications by using elastic straps and footwear as a substitute for beams and elastic straps as stimulants for students to make further jumps which are more precisely as obstacles for students, which are applied to class X BDP3 students of senior vocation higt school 2 Blitar in which the class has not received lessons Long jump squat style so that it is expected to have a significant increase in the treatment given to the class. The type in this research is quasi-research and uses Randomized Kontrol Group Pre-test-Postest Design. The sample is class X BDP 3 as an experimental group with 35 students and class X BDP 2 as a kontrol group with 36 students.
The results showed that the average value of knowledge at the pre-test was 6.36 and increased to 7.11 with a difference of 0.76 increased by 11.79%. The average value of skills at the pre-test of 6.07 increased to 6.96 with a difference of 0.79 an increase of 14.66%.
Keywords: Learning Outcomes, long jump.