HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA SISWA DENGAN KUALITAS PENULISAN BAHASA INGGRIS
THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AND EFL WRITING QUALITY
Abstrak
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata siswa dengan kualitas menulis teks report informasi. Versi terbaru dari Vocabulary Size Test dan tugas menulis siswa adalah instrumen penelitian ini. Peneliti menggunakan rubrik writing yang telah diadaptasi untuk menilai dan memberikan skor untuk tugas hasil tulisan siswa. Sebanyak 54 siswa kelas 9 di sebuah sekolah menengah pertama di Sidoarjo terpilih menjadi subjek penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan vocabulary size test dan mengumpulkan tugas menulis siswa. Teknik analisis data untuk vocabulary size test adalah dengan menghitung nilai yang diperoleh setiap siswa dari tes tersebut. Sementara itu, untuk hasil tugas menulis siswa dianalisis dan dinilai berdasarkan rubrik writing. Hasil penelitian korelasi Pearson menunjukkan bahwa p-value = 0,562 dan lebih tinggi dari level of significant (α = 0,05). Hal ini membuktikan bahwa tidak ada korelasi antara penguasaan kosakata dan kualitas menulis dalam hal nilai. Koefisien korelasi (r) writing menunjukkan korelasi negatif karena r = -1. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kosakata bukan satu-satunya aspek yang menentukan kualitas menulis. Aspek-aspek lain dari komponen penulisan seperti konten, organisasi, penggunaan bahasa, dan mekanika juga berperan penting. Dengan demikian, guru harus mengajarkan kosakata dan aspek bahasa lainnya secara efektif.
Kata kunci: kosakata, penguasaan kosakata, kualitas menulis, teks report.
Abstract
This quantitative study aims to find out the correlation between students’ vocabulary mastery and the writing quality of information report text. The updated version of Vocabulary Size Test and the students’ writing tasks were the instrument of this study. The researcher used an updated writing rubric to assess and give a score for the student's writing task. Fifty-four students of 9th-grade in a junior high school in Sidoarjo became the subject of this study. The data was collected by conducting a vocabulary size test and collecting the students’ writing tasks. The data analysis technique for Vocabulary Size Test was computing the students’ scores from the test. Meanwhile, the students’ writing tasks were analyzed and assessed based on the writing rubric. The Pearson correlation shows that the p-value is .562, and it is higher than the level of significance (α = .05). It does prove that there is no correlation between vocabulary mastery and writing quality in terms of scores. The coefficient correlation (r) of writing shows a negative correlation since r = -1. It concludes that vocabulary is not the only aspect to determine the writing quality. Other aspects of writing components, such as content, organization, language use, and mechanics play an essential role as well. Thus, the teachers shall teach vocabulary and other aspects of language effectively.
Keywords: Vocabulary, Vocabulary Mastery, Writing Quality, Report Text.