PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INSTRUKSIONAL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE INSTRUCTIONAL VIDEO LEARNING MEDIA ON ECONOMIC SUBJECTS
Media pembelajaran berbasis video interaktif sangat bermanfaaat pada peningkatan hasil belajar pserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai materi ekonomi cirular diagram flow. Penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Plomp dipilih sebagai jenis penelitian yang dikembangkan. Uji coba terbatas menggunakan desain One Group Pre-test-Post-test. Hasil uji coba terbatas sebagai bagian dari fase pengembangan telah mendapatkan hasil yang diharapkan. Terdapat perbedaan pemahaman sebagai hasil belajar oleh peserta didik.Media pembelajaran yang dikembangkan berperan sebagai media belajar mandiri, recalling, dan mendorong proses inkuiri.
Interactive video-based learning media is very useful in improving student learning outcomes. This study aims to develop learning media in an effort to improve students' understanding of circular flow diagram economics. Research and development (R&D) with the Plomp model was chosen as the type of research developed. Limited trial using One Group Pre-test-Post-test design. The results of the limited trial as part of the development phase have achieved the expected results. There are differences in understanding as a result of learning by students. The developed learning media acts as a medium for independent learning, recalling, and encouraging the inquiry process