KETERKAITAN PELATIHAN VOCATIONAL SKILL OLAH VOKAL DENGAN MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MUSIKALITAS PESERTA DIDIK
CORRELATION BETWEEN VOCAL VOCATIONAL SKILLS TRAINING WITH DEVELOPING STUDENT’S MUSICAL ABILITY
Kursus dan pelatihan sangat bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan peserta didik. Mengatasi permasalahan di masa mendatang dapat diselesaikan dengan penyelenggaraan program pelatihan terkait dengan bidang pekerjaan tertentu di masyarakat, seperti pelatihan vocational skill olah vokal. Pelatihan memberikan peserta didik bekal kemampuan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam mengembangkan potensinya. Materi pengetahuan dan keterampilan yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran pelatihan akan mudah dipahami, diulang dan dipraktikkan, serta munculnya rasa percaya diri dalam diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis keterkaitan antara Pelatihan Vocational Skill Olah Vokal Dengan Mengembangkan Kemampuan Musikalitas Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur atau studi kepustakaan dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil kajian ini bahwa adanya pelatihan olah vokal yang membentuk kemampuan musikalitas bagi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keterkaitan pelatihan vocational skill olah vokal dengan mengembangkan kemampuan musikalitas peserta didik, terbukti adanya pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap terhadap diri peserta didik yang menghasilkan kemampuan musikalitas yang sesuai. Pelatihan menggunakan metode dan media yang variatif menghasilkan proses pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam menemukan makna dari materi yang sudah dipelajari dan meningkatkan potensi yang dimiliki, pemahaman konsep dan mengembangkan kemampuan musikalitas peserta didik.
Courses and training are very useful for developing student skills. Overcoming future problems can be solved by organizing training programs related to specific jobs in the community, such as vocational skills training for vocals. This training gives students the ability to behave, knowledge, and skills in developing their potential. Material knowledge and skills delivered in training activities will be easily understood, repeated and practiced, as well as the emergence of trust in students. This study aims to describe and analyze the relationship between Vocational Vocational Skills Training and Developing Students' Musical Ability. This research uses literature study or literature study approach and relevant previous research results. The results of this study that the existence of vocal training that shapes musical ability for students. The results of this study indicate that there is a relationship between vocational skills training in vocal skills and developing students' musical abilities, it is evident that the training can improve knowledge, skills and change attitudes towards students that produce appropriate musical abilities. This training uses various methods and media to produce a learning process that can help students find meaning from the material they have learned and enhance their potential, understand concepts and develop students' musical abilities.