ABSTRAK
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
Nama : Rinda Mar’atus Sholihah
NIM : 15030654033
Program Studi : S-1 Pendidikan Sains
Jurusan : Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Elok Sudibyo, M.Pd.
Keterampilan proses sains adalah kemampuan siswa untuk menerapkan metode ilmiah dalam memahami, mengembangkan, menemukan ilmu pengetahuan. Keterampilan proses sains yang diteliti meliputi merumuskan masalah, menyusun hipotesis, mengidentifikasi variabel, menginterpretasikan data, menyimpulkan hasil percobaan. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII materi getaran dan gelombang, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa pada pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII materi getaran dan gelombang, (3) mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa kelas VIII dengan menerapkan pendekatan saintifik materi getaran dan gelombang, dan (4) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan pendekatan saintifik materi getaran dan gelombang dalam melatihkan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experimental design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Plumpang kelas VIII-J yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa yang ditunjukkan dengan hasil rata-rata keterlaksanaan pembelajaran total yang didapatkan yaitu 3,85 dengan kategori sangat baik dan pengamatan aktivitas siswa hasil rata-rata sebesar 83,01% dengan kategori sangat baik. Persentase rata-rata ketuntasan pretest keterampilan proses sains adalah 0% dan meningkat pada posttest sebesar 91,3%. Peningkatan keterampilan proses sains menggunakan uji N-Gain yang termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 11 siswa dan yang termasuk dalam kategori sedang sebanyak 9 siswa. Respon yang diberikan siswa terhadap pembelajaran ini yaitu sebesar 88,09% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: Pendekatan Saintifik, keterampilan proses sains.
ABSTRACT
THE IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACH TO TRAIN SKILLS OF SCIENCE PROCESS IN VIBRATION AND WAVE MATERIAL
Name : Rinda Mar'atus Sholihah
Student's Register Number : 15030654033
Study Program : Bachelor of Science Education
Faculty : Faculty of Math and Science
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Elok Sudibyo, M.Pd.
Science process skills are the ability of students to apply the scientific method in understanding, developing, discovering science. The science process skills studied include formulating problems, compiling hypotheses, identifying variables, interpreting data and concluding the results of experiments. The learning used in this study is the scientific approach. The purpose of this study was (1) to describe the implementation of scientific approach learning of 8 grader students in vibration and wave material, (2) to describe 8 grader students' activities using the scientific approach in vibration and wave material, (3) to describe science process skills of 8 grader students by applying the scientific approach in vibration and wave material, and (4) to describe students' responses to the application of scientific approaches on vibration and wave material in order to train science process skills. The research is belong to pre-experimental design. The subjects used in this study is Plumpang 1 Public Middle School of class VIII-J (8 grader) students, with the member are 23 students. The results showed that the application of the scientific approach can train students' science process skills as indicated by the results of the average implementation of total learning obtained 3.65 wiht very good category and observations of students' activities on average results 83.01% with very good category. The average percentage of completeness in the pretest of science process skills is 0% and increases in posttest is 91.3%. Improving science process skills using the N-Gain test included in the high category as many as 11 students and included in the medium category as many as 9 students. The responses which given by students to this learning is 88.09% with very good category.
Keywords: Scientific Approach, science process skills.