PENGEMBANGAN MODUL GAMBAR PERSPEKTIF UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI I GALIS PAMEKASAN
DEVELOPMENT OF PERSPECTIVE DRAWING MODULE FOR GRADE X STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL I GALIS PAMEKASAN
SMAN 1 Galis menerapkan pembelajaran seni rupa dengan materi gambar perspektif. Guru seni rupa mengalami keterbatasan bahan ajar karena metode ceramah dan buku ajar yang kurang lengkap. Siswa mencari materi tambahan secara online karena kesulitan memahami materi. Setelah pembelajaran, guru memberikan tugas praktek, namun siswa masih bingung dan kurang minat karena kurangnya media atau alat bantu. Hasilnya, nilai praktek siswa rata-rata 74.
Penelitian ini bertujaun untuk : 1. Mengetahui dan mendeskripsikan konsep perancangan pengembangan modul cetak menggambar perspektif untuk siswa kelas 10 SMAN 1 Galis, 2. Mengetahui dan mendeskripsikan proses pengembangan modul cetak menggambar perspektif untuk siswa kelas 10 SMAN 1 Galis serta mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas hasil pengembangan modul menggambar perspektif untuk siswa kelas 10 SMAN 1 Galis.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four D), dimana tahap-tahap pengembangan yang dilakukan mencakup pendifinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket dengan skala likert untuk menilai respon pendidik dan siswa.
Hasil dari pengembangan modul ini berupa modul dengan berspesifikasi diantaranya dari desain modul yang di dominan warna biru dengan ukuran dan jenis font 12 Times New Roman, di dalam modul dilengkapi dengan materi dan praktek karya menggambar perspektif dan dilengkapi dengan gambar contoh sebagai pendukung serta tutorial menggambar untuk membantu peserta didik saat melakukan praktek karya. Hasil akhir validasi dari validator materi dengan memperoleh skor rata-rata 3,6 dengan kategori layak dan validator media dengan memperoleh skor rata-rata 3.9 dengan kategori layak. Hasil penelitian dari uji coba pada siswa pada uji coba kecil dengan jumlah responden 5 peserta didik diperoleh skor presentase nilai 89% kriteria Layak, dan pada uji coba besar dengan jumlah responden 24 siwa di peroleh skor presentase nilai 86% dengan kriteria Layak dan pada pada test pemahaman siswa sebelum belajar menggunakan modul siswa mendapat nila rata-rata 60 dan setelah belajar menggunakan modul siswa mendapat nilai rata-rata 89 dengan kategori Layak.
SMAN 1 Galis applies fine arts learning with perspective drawing material. Fine arts teachers experience limited teaching materials due to the lecture method and incomplete textbooks. Students search for additional material online because they have difficulty understanding the material. After learning, the teacher gave practical assignments, but students were still confused and lacked interest due to the lack of media or tools. As a result, the average student practice score is 74.
This study aims to 1. Know and describe the concept of designing the development of printed modules for drawing inner perspective for students of class X SMAN 1 Galis. 2. To know and describe the development process of perspective drawing print module for students of class X SMAN 1 Galis. 3. To know and describe the effectiveness of the results of the development of perspective drawing print module for students of class X SMAN 1 Galis?
This study used the Research and Development (R&D) method with the 4-D (Four D) development model, where the development stages include defining, designing, developing, and disseminating. Data collection techniques were conducted through interviews and questionnaires with a Likert scale to assess the responses of educators and students.
The results of the development of this module are in the form of modules with specifications including module design dominated by blue color with font size and type 12 Times New Roman, in the module equipped with material and practice of perspective drawing work and equipped with sample images as support and drawing tutorials to help students when doing practical work. The final results of validation from material validators by obtaining an average score of 3.6 with a decent category and media validators by obtaining an average score of 3.9 with a decent category. The results of the research from the trial on students in the small trial with the number of respondents 5 students obtained a score percentage value of 89% worthy criteria, and in the large trial with the number of respondents 24 students obtained a score percentage value of 86% with Worthy criteria and on the student understanding test before learning to use the module students got an average score of 60 and after learning to use the module students got an average score of 89 with the Worthy category.