PROFIL LITERASI SPASIAL SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI PERBEDAAN GAYA BELAJAR
Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan profil literasi spasial siswa dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya blajar kinestetik dalam memecahkan masalah geometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII kreatif yang berkemampuan matematika setara (tinggi), berjenis klamin sama yaitu laki-laki, dan masing-masing subjek mempunyai gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik.
Hasil Penelitian ini adalah (1) literasi spasial siswa gaya belajar visual pada visualisasi spasial: subjek membuat gambar visual bangun ruang limas dengan alas persegi dan menuliskan ukuran setiap unsurnya baik sesuai dengan informasi maupun tidak, pada penalaran spasial: subjek membuat gambar visual rancangan pintu masuk dan pintu keluar secara berdampingan, subjek membuat gambar visual bangun ruang prisma segitiga yang dilihat dari sudut pandang belakang, membuat bentuk dua dimensi dari bentuk tiga dimensi berupa jaring-jaring limas dengan alas persegi, pada komunikasi spasial, menuliskan perhitungan volume limas dengan tepat dan kurang tepat pada volume prisma, serta menjelaskan perbedaan kedua volume; (2) literasi spasial siswa gaya belajar auditori pada visualisasi spasial: membuat gambar visual bangun ruang limas dengan alas persegi dan menuliskan ukuran setiap unsurnya berdasarkan informasi yang didapatkan, pada penalaran spasial: dapat membuat rancangan pintu masuk dan pintu keluar secara berdampingan dan berukuran sama, subjek membuat bangun ruang prisma segitiga yang dilihat dari sudut pandang belakang, membuat jaring-jaring limas dengan alas persegi, pada komunikasi spasial: menuliskan perhitungan volume limas dengan tepat dan kurang tepat dalam menghitung volume prisma, serta menjelaskan perbedaan kedua volume dikarenakan perbedaan bentuk dan ukuran ; (3) literasi spasial siswa gaya belajar kinestetik pada visualisasi spasial: membuat gambar visual bangun ruang limas dengan alas persegi dan menuliskan ukuran setiap unsurnya dengan kurang tepat, pada penalaran spasial: ubjek membuat gambar visual rancangan pintu masuk dan pintu keluar dengan tidak berdampingan, berbeda sisi, dan berukuran sama, subjek membuat gambar visual gambar kedua yang dilihat dari sudut pandang belakang, subjek membuat gambar salah satu sisi yaitu segitiga sama kaki, pada komunikasi spasial: subjek menuliskan perhitungan volume limas dan volume prisma dengan tepat, serta menjelaskan perbedaan kedua volume dikarenakan memiliki volume yang berbeda.
The purpose of this study is to describe the spatial literacy profile of students with visual learning styles, auditory learning styles, and kinesthetic learning styles in solving geometric problems. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this study were three creative class VIII students with equal (high) mathematical abilities, the same gender, namely males, and each subject had a visual learning style, an auditory learning style, and a kinesthetic learning style.
The results of this study are (1) spatial literacy of students with visual learning styles in spatial visualization: the subject makes a visual image of a pyramid with a square base and writes down the size of each element whether according to the information or not, on spatial reasoning: the subject makes a visual image of the entrance design and the exit side by side, the subject makes a visual image of a triangular prism as seen from the rear view, makes a two-dimensional shape from a three-dimensional shape in the form of a pyramid net with a square base, in spatial communication, writes the calculation of the volume of the pyramid correctly and less. precisely on the volume of the prism, as well as explaining the difference between the two volumes; (2) spatial literacy of students with auditory learning style in spatial visualization: making visual images of pyramids with square bases and writing down the size of each element based on the information obtained, on spatial reasoning: being able to design entrances and exits side by side and of the same size, the subject makes a triangular prism space that is seen from the back point of view, makes pyramid nets with a square base, on spatial communication: writes the calculation of the volume of a pyramid correctly and incorrectly in calculating the volume of a prism, and explains the difference between the two volumes due to differences in shape and size ; (3) spatial literacy of students with kinesthetic learning style in spatial visualization: making a visual image of a pyramid with a square base and writing down the size of each element incorrectly, on spatial reasoning: the subject makes a visual image of the entrance and exit design that is not side by side, different side, and the same size, the subject makes a visual image of the second image seen from the rear view, the subject makes a picture of one side, namely an isosceles triangle, in spatial communication: the subject writes down the calculation of the volume of the pyramid and the volume of the prism correctly, and explains the difference between the two volumes. because they have different volumes.