Program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan wadah yang didirikan oleh pemerintah maupun masyarakat yang bertujuan untuk menyediakan bahan bacaan bagi masyarakat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat itu sendiri guna memperluas wawasan dan pengetahuan sehingga mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat. Namun yang terjadi saat ini sedikit bahkan sebagian besar masyarakat belum mengetahui TBM dan eksistensinya. Dengan adanya kejadian di atas, penulis menarik pokok masalah tersebut ke dalam penelitian yaitu yakni bagaimana strategi pemasaran program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam minat baca masyarakat di TBM Gencar Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam minat baca masyarakat di TBM Gencar Surabaya. Dalam kegiatan penelitian, penulis menggunakan alat pemasaran yaitu Marketing Mix 7P (Product, Price, Place, People, Promtion, Physical Evidence and Processes). Dengan adanya alat tersebut penulis dapat menganalisis sejauh mana strategi pemasaran yang dipakai TBM Gencar Surabaya dalam menarik masyarakat agar mau datang dan memiliki keminatan dalam membaca.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di TBM Gencar Surabaya dengan 6 informan yakni pengelola dan pengunjung (aktif) selama 1-2 bulan (3-4 pertemuan selama seminggu). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data verifikasi data serta penarikan kesimpulan untuk mengetahui hasil penelitian, sedangkan untuk keabsahan data, penulis menggunakan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran pada program TBM Gencar dapat dikatakan sukses dalam meningkatkan minat baca masyarakat karena dengan keunggulan beberapa produk dan layanan yang didukung dengan fasilitas memadai sudah menarik minat masyarakat untuk datang dan menggunakannya guna mencari informasi yang nantinya dapat menjadikan mereka sebagai masyarakat pembelajar sepanjang hayat. Namun dengan kesuksesan tersebut, pengelola harus mempertahankan semangat dalam melakukan pengembangan dan inovasi-inovasi yang menyenangkan dalam produk maupun layanan yang mereka buat di depan nanti. Sehingga eksistensi TBM Gencar juga tidak menurun dan berkurang. Selain itu, untuk peneliti selanjutnya dapat lebih membahas mengenai hubungan antara pengelola dan masyarakat sekitar TBM Gencar yang menyatu dalam seluruh kegiatan yang berlangsung di TBM.
Community Library Program (TBM) is an organization established by the government and society that aims to provide reading material for the public in accordance with the expectations and needs of the community itself in order to broaden their horizons and knowledge and realize a lifelong learning society. However, what is happening at the moment is a little, even most people do not know about TBM and its existence. Issues that will be discussed is how the marketing strategy program public reading (TBM) to the reading interest in TBM Gencar Surabaya’s community. This research aims to determine TBM marketing strategy in the public interest of reading in TBM Gencar Surabaya. The authors research activities using marketing tools that Marketing Mix 7P (Product, Price, Place, People, Promotion, Physical Evidence and Processes). With the existence of such a device can analyze the extent to which the author of the marketing strategy used TBM Aggressive in attracting people to come and read a book to TBM Gencar Surabaya.
This study uses a qualitative descriptive method and TBM Gencar conducted in Surabaya with six informants that is managers and visitors (active) for 1-2 months (3-4 meetings during the week). Data collection method used is by observation, interview and documentation. Technical analysis of the data used is data accumulation, data reduction, data presentation, data verification and conclusion to determine the results of the study, while for the validity of the data, the authors use credibility, dependability, confirmability, and transferability.
The results showed that the marketing strategy in TBM Gencar program can be said to be successful in increasing public interest in reading because of the advantages of some products and services supported by adequate facilities has attracted people to come and use it to find for information that will be able to make them as a lifelong community of learners. But with that success, managers must maintain enthusiasm in developments and innovations in products and services that they make up front. Increasing the existence of TBM Gencar also does not decrease and reduced. In addition, the researchers can further discuss the relationship between the managers and community around TBM Gencar, which is integrated in all activities held at TBM.