Pengaruh Memory Hint Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hiragana
The Effect of Memory Hint Application on The Ability to Read Hiragana
Penelitian ini tentang pengaruh aplikasi memory hint terhadap kemampuan membaca Hiragana di kelas X SMA LAB School UNESA. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana meningkatkan kelancaran siswa dalam membaca Hiragana dengan cara efektif dan efisien. Peneliti mengangkat tema ini karena dalam belajar bahasa Jepang, menguasai Hiragana merupakan salah satu langkah yang paling dasar sekaligus penting, karena pengunaan kosa kata asli bahasa Jepang menggunakan penulisan Hiragana. Hiragana memiliki bentuk tersendiri yang berbeda dengan huruf latin. Bentuk-bentuk asing ini menyebabkan kesulitan bagi pelajar asing untuk menguasai Hiragana. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu media yang efektif, efisien, dan mendukung pembelajaran Hiragana namun tetap menarik dan menyenangkan. Peneliti percaya bahwa media tersebut adalah aplikasi Hiragana Memory Hint. Aplikasi Hiragana Memory Hint adalah aplikasi pembelajaran Hiragana berbasis Android / IOS yang dapat diunduh di Smartphone. Aplikasi ini mudah digunakan dan dapat dibuka kapanpun dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Aplikasi Hiragana Memory Hint terhadap kemampuan membaca siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Research dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 siswa kelas X SMA LAB School UNESA tahun ajaran 2022-2023. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan angket. Hasil analisis data pada kelas eksperimen ini berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan bahwa, Ha diterima jika t-hitung > t-tabel(95%) artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar membaca huruf Hiragana menggunakan aplikasi Hiragana Memory Hint. Sebaliknya Ha ditolak jika t-hitung < t-tabel(95%) artinya tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil hasil belajar membaca huruf Hiragana menggunakan aplikasi Hiragana Memory Hint. Maka telah didapatkan nilai t-hitung dari kelas eksperimen 10,43 lebih besar dari nilai t-tabel dengan df = 68 dan taraf kepercayaan 95% (taraf signifikansi 0,05) adalah 1,667. Dari nilai tersebut menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel(95%, df = 68) yaitu 10,43 > 1,667. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa hipotesis yang telah dirumuskan diterima (Ha diterima, sedangkan Ho ditolak) terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca huruf hiragana menggunakan aplikasi Hiragana Memory Hint. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket, respon terhadap aplikasi Hiragana Memory Hint sangat positif, siswa merasa aplikasi tersebut efektif dan dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca Hiragana.
Kata Kunci: Pengaruh Media Aplikasi, Memory Hint, Hiragana.
This research is about the effect of memory hint application on the ability to read Hiragana in class X SMA LAB School UNESA. This research is focused on how to incrase the students’ fluency in reading Hiragana by memorizing it. The researcher this theme because in learning Japanese, mastering Hiragana is one of the most basic yet important step, as Hiragana is the most used letters in Japan. Hiragana have its own shapes, that is different from alphabets. This unfamilliar shapes cause difficulties for the non-native students to mastering Hiragana. To resolve this problem, a media that can effectively, efficiently support learning Hiragana and yet interesting and fun is needed. The researcher believed that media is Hiragana Memory Hint Application. Hiragana Memory Hint Application is a Hiragana learning application with Android / IOS based that can be downloaded in any Smartphone. This application is easy to use and can be opened everytime, everywhere In this research, the researcher aims to determined the effect of using the Hiragana Memory Hint Application on students' reading abilities. The method used in this research is quasi experimental research method with Nonequivalent Control Group Design. The sample in this research was 70 students of class X SMA LAB School UNESA of the academic year 2022-2023. The instruments used are test instruments and questionnaires. The results of data analysis in this experimental class are based on the hypothesis that has been formulated that, Ha is accepted if t-count > t-table (95%) means that there is a significant difference in learning outcomes to read Hiragana letters using the Hiragana Memory Hint application. Conversely, Ha is rejected if t-count < t-table (95%) means that there is no significant difference in the results of learning to read Hiragana letters using the Hiragana Memory Hint application. So it has been obtained that the t-count value of the experimental class is 10.43 greater than the t-table value with df = 68 and the 95% confidence level (significance level 0.05) is 1.667. These values indicate that t-count > t-table (95%, df = 68) which is 10.43 > 1.667. From these results it can be interpreted that the hypothesis that has been formulated is accepted (Ha is accepted, while Ho is rejected) there is a significant difference from student learning outcomes in learning to read hiragana letters using the Hiragana Memory Hint Application. Based on the data obtained from the questionnaire, the response to Hiragana Memory Hint application was very positive, students felt that the application was effective and could help improve Hiragana reading skills.
Keywords: Effect of Application Media, Memory Hint, Hiragana