Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Molek (Monopoli Ekonomi) Bersistem Operasi Android
Development of Molek Application Learning Media (Economic Monopoly) with Android Operating System
Latar belakang penelitian ini adalah tentang pentingnya penguasaan media pembelajaran bagi pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran monopoli, minat belajar dan respon peserta didik. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Media pembelajaran MOLEK (Monopoli Ekonomi) merupakan mobile learning berbasis Android. Untuk mengukur minat digunakan angket dengan skor pernyataan positif dan negatif, sedangkan untuk mengukur respon siswa digunakan skala Guttman. Implementasi Media Pembelajaran MOLEK (Monopoli Ekonomi) pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Surabaya dilakukan untuk 20 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan Media Pembelajaran MOLEK (Monopoli Ekonomi) pada Materi Kebijakan Moneter dan Fiskal di Sekolah Menengah Atas dinyatakan valid, praktis dan signifikan. Validasi oleh ahli materi mendapatkan skor sebesar 84% sedangkan validasi oleh ahli media mendapatkan skor sebesar 84%. Analisis data respon siswa diperoleh skor sebesar 91,5%, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran MOLEK (Monopoli Ekonomi) mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik.
Kata kunci: mobile learning berbasis Android, media pembelajaran monopoli, minat belajar dan respon peserta didik.
The background of this research is about the importance of mastery of learning media for educators in delivering learning materials. The purpose of the study was to determine the feasibility of monopoly learning media, interest in learning and student responses. This research involves material experts and media experts. This research uses the type of research development or Research and Development (R&D) with the development model used is ADDIE The development model used is ADDIE which consists of 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. MOLEK (Economic Monopoly) learning media is an Android-based mobile learning. To measure interest, use a questionnaire with a score of positive and negative statements, while to measure student responses the Guttman scale is used. Implementation of Economic Monopoly Learning Media Implementation of Economic Monopoly Learning Media in class XI students of SMA Muhammadiyah 3 Surabaya was carried out for 20 students. Based on the research results, the development of MOLEK (Economic Monopoly) Learning Media on Monetary and Fiscal Policy Materials in Senior High Schools is declared valid, practical and significant. Validation by material experts got a score of 84% while validation by media experts got a score of 84%. The analysis of student response data obtained a score of 91.5%, it can be concluded that the application of MOLEK (Economic Monopoly) learning media received a very decent response from students.
Keywords: Android-based mobile learning, monopoly learning media, interest in learning and student responses.