PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PAPINKA (PAPAN PINTAR ANGKA)” BERBASIS WEB PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK SISWA SD.
DEVELOPMENT OF WEB-BASED LEARNING MEDIA “PAPINKA (SMART NUMBER BOARD)” ON ADDITION AND SUBTRACTION MATERIALS FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS.
Pengembangan Media PAPINKA (Papan Pintar Angka) merupakan suatu inovasi yang dikembangkan peneliti menjadi reaktualisasi pembelajaran dan mencari solusi permasalahan yang dihadapi guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang dapat diimplementasikan dikalangan peserta didik sekolah dasar. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk memproduksi produk PAPINKA (Papan Pintar Angka), mengetahui tingkat kevalidan, kelayakan dan keefektivitasannya. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan R&D atau Research and Development yang terdiri dari tujuh tahap yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji produk, dan revisi produk. Produk ini diuji dengan 15 peserta didik di SD Negeri Deaoen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka kevalidan produk uji validasi materi memperoleh 83% dan uji validasi media 89%. Taraf kepraktisan media mampu diperoleh melalui angket respon peserta didik sebanyak 96,3%. Rata-rata N-Gain 0,72 dan persentase akurasi pembelajaran 100%. Hal ini dapat ditentukan kesimpulan bahwa media PAPINKA (Papan Pintar Angka) dapat berperan pentung dalam peningkatan potensi peserta didik. Selain itu, guru dapat menggunakan media ini untuk memenuhi kebutuhan guru dan peserta didik, sehingga layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan cara ini, anak-anak akan lebih termotivasi untuk belajar dan memahami materi yang disampaikan.
PAPINKA Media Development is an innovation developed by researchers to re-actualize learning and find solutions to the problems faced by teachers in developing learning media that can be implemented among elementary school pupils. The goal of this development is to produce PAPINKA products, knowing the level of validity, credibility and effectiveness. This research uses a R&D or Research and Development methodology that consists of seven stages namely problem identification, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, and product revision. This product was tested with 15 pupils at Deaoen State. Based on the results of the research, the validity of the product of the material validation test obtained 83% and the validation of the medium 89%. The level of practicality of the media was achieved through the elevation of student response of 96.3%. Average N-Gain 0.72 and percentage accuracy of learning 100%. It can be determined the conclusion that the media PAPINKA (Intelligent Table of Numbers) can play a pivotal role in improving the potential of the student. In addition, teachers can use this medium to meet the needs of teachers and pupils, so it is worth using in teaching learning activities. In this way, children will be more motivated to learn and understand the material delivered.