Penelitian ini memiliki latar belakang yakni pembelajaran ekonomi di kelas X IIS 1 SMA Negeri 18 Surabaya masih dominan menggunakan buku sebagai medianya. Penggunaan media pembelajaran tersebut membuat peserta didik memiliki masalah pada minat membaca mereka. Hal ini diperkuat dengan angket minat membaca terhadap buku ekonomi yang memperoleh presentase sebesar 47,3% dengan kategori cukup. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang lebih atraktif dan inovatif guna mengukur minat membaca peserta didik. Subjek penelitian sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan model 4-D dan dibatasi sampai tahap ketiga saja yaitu Develop. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berupa komik ekonomi yang dicetak dengan kertas A5. Hasil validasi komik ekonomi memperoleh rata-rata 89,4% dari ahli materi, 91,1% dari ahli media, 92,5% dari ahli grafis, dan 94% dari respon peserta didik. Sehingga komik ekonomi memiliki kriteria sangat layak dan menimbulkan respon yang positif bagi peserta didik di kelas X IIS 1. Hasil pengukuran minat membaca peserta didik terhadap komik ekonomi memperoleh rata-rata 88,18%, sehingga minat membaca peserta didik memiliki kriteria sangat tinggi.
Diharapkan pada penelitian selanjutnya bisa sampai pada tahap Desseminate dan menghasilkan komik yang berbasis digital sekaligus mampu mengukur bagaimana peningkatan minat membaca peserta didik.
Kata kunci: Media pembelajaran, komik ekonomi, minat membaca
This study has a background that is economic learning in class X IIS 1 SMAN 18 Surabaya is still dominant using books as a media. The use of instructional media makes students have problems in their reading interest. This was reinforced by a reading interest questionnaire on economic books which obtained a percentage of 47.3% with sufficient categorization. The purpose of this study is to develop a more attractive and innovative learning media to measure students' interest in reading. The research subjects were 20 students. Data collection techniques using interview and questionnaire methods. The data analysis technique uses qualitative and quantitative data analysis.
This study uses a 4-D model and is limited to the third stage, namely Develop. This research produced learning media products in the form of economic comics printed on A5 paper. The results of economic comic validation obtained an average of 89.4% of material experts, 91.1% of media experts, 92.5% of graphic experts, and 94% of student responses. So that economic comics have very decent criteria and generate a positive response for students in class IIS 1. The results of measuring students' interest in reading economics comics get an average of 88.18%, so interest in reading students has very high criteria.
It is hoped that in the next study it can reach the Desseminate stage and produce digital-based comics while at the same time being able to measure how students are interested in reading.
Keywords: Learning media, economic comics, interest in reading