EFL STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARDS YOUTUBE AS A MEDIUM IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING IN JUNIOR HIGH SCHOOL
Saat ini perkembangan teknologi modern di Indonesia semakin baik terutama dalam hal pendidikan yang menjadikan media pembelajaran sangat bervariasi. Salah satunya adalah YouTube sebagai media pembelajaran menjadi media yang lebih populer bagi siswa. Penelitian ini mengeksplorasi persepsi siswa tentang penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di SMP. Penelitian ini dibatasi pada 4 aspek persepsi siswa; Efektivitas, Daya Tarik, Motivasi, dan Relevansi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan kuesioner dan wawancara sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri di Sidoarjo yang menerapkan YouTube sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang setuju bahwa YouTube adalah media pembelajaran yang efektif. Selain efektif, YouTube menarik yang dapat memotivasi siswa untuk belajar karena berisi kata-kata, gambar, dan video, tetapi juga merupakan media yang tepat untuk menyampaikan materi pembelajaran. Ini dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Namun, beberapa siswa tampaknya keberatan menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran karena memakan banyak kuota internet dan membuat mereka tidak fokus belajar.
Kata kunci: Persepsi siswa, media pembelajaran YouTube, siswa SMP.
Currently, the development of modern technology in Indonesia is getting better, especially in terms of education which makes learning media very varied. One of them is YouTube as a learning medium has become a more popular medium for students. This study explores students' perceptions of using YouTube as a medium for learning English in Junior High School. This research is limited to 4 aspects of students' perceptions; Effectiveness, Attractiveness, Motivation, and Relevance. This study uses a qualitative method, with questionnaires and interviews as a research instrument. This research was carried out at one of the State Junior High Schools in Sidoarjo, which implemented YouTube as a medium for learning English. Data analysis used descriptive analysis. The results showed that many students agreed that YouTube is an effective learning medium. Moreover, it is not only effective, YouTube is attractive that can motivate students to learn because it contains words, pictures, and videos, but also an appropriate medium to deliver the learning materials. It can help students improve their English skills. However, some students seem to object to using YouTube as a learning medium since it takes up a lot of internet quota and makes them not focus on studying.
Keywords: Student perception, YouTube learning media, Junior High School students.