Trainer
merupakan salah satu media yang efisien dalam penyampaian materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi , di SMK Negeri 1 Cerme belum memiliki media trainer .
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan trainer Penerangan Jalan Umum (PJU) solar cell yang layak digunakan pada mata pelajaran
Instalasi Penerangan
Listrik , mengacu pada aspek valid, praktis, dan efektif . Metode penelitian meng gunakan eksperimen . P ada penelitian ini
rancangan uji coba yang digunakan adalah one
shot
case study
design , dengan subjek penelitian
siswa SMK Negeri 1 Cerme
kelas XII TITL 1 berjumlah 30 orang.
H asil penelitian ini
menujukkan bahwa tingkat kelayakan media
trainer pada
aspek kevalidan dinyatakan sangat valid dengan hasil rating sebesar 89 , 29 %, aspek kepraktisan yang
ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 91 , 29 %, aspek keefektifan
ditinjau dari hasil belajar siswa. B erdasarkan
hasil dari one sample t - test menggunakan
SPSS 23 dengan
taraf signifikansi 0,05 diperoleh pencapaian kompetensi ranah kognitif dengan nilai rerata 89,17 dan thitung
= 15,216 > ttabel =
1,69913.
P encapaian kompetensi ranah psikomotorik dengan nilai rerata 92,93 dan thitung
= 15,216 > ttabel =
29,213. Dan pencapaian kompetensi ranah kognitif dengan nilai rerata 88,63. Hal ini
berarti bahwa rerata
hasil
belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM .
Berdasarkan
hasil penelitian tersebut di simpulkan
bahwa trainer Penerangan Jalan Umum (PJU) solar cell ini layak digunakan sebagai salah
satu penunjang proses belajar mengajar peserta didik pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 1 Cerme Gresik .
Kata
Kunci: Trainer ,
Penerangan Jalan Umum (PJU), Solar Cell , Hasil Belajar Siswa.