DESIGN OF POSITION ANALYSIS APPLICATION AT DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR
Instansi pemerintah wajib melakukan analisis jabatan pada masing-masing jabatan yang dimiliki instansi tersebut. Analisis jabatan adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi jabatan yang berisi identitas jabatan, ikhtisar jabatan, uraian jabatan, kualifikasi jabatan, hasil kerja, bahan kerja, perangkat kerja, tanggung jawab, wewenang, korelasi jabatan, kondisi lingkungan kerja, resiko bahaya, syarat jabatan, prestasi kerja, kelas jabatan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur belum memiliki aplikasi analisis jabatan yang dapat memudahkan dalam penyusunan dan pengelolaan data hasil analisis jabatan.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rancangan aplikasi analisis jabatan untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi studi literatur,wawancara, observasi serta dokumentasi. Rancangan aplikasi analisis jabatan tersebut menggunakan Microsft Accsess untuk menginput data dan menghubungkan data informasi jabatan dari hasil proses analisis jabatan. Output dari rancangan aplikasi analisis jabatan tersebut berupa dokumen informasi jabatan. Disarankan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur untuk mempertimbangkan menggunakan aplikasi analisis jabatan ini serta memilih pegawai memiliki ketrampilan komputer, untuk memudahkan tim analisis jabatan dalam menyusun informasi jabatan.
Kata Kunci :Analisis Jabatan, aplikasi, Ms.Accsess
Government agencies are required to conduct a job analysis on each position held by the agency. Job analysis is one way to get information about the position that contains the identity of the position, a summary of the position, job description, job qualifications, work results, work materials, work tools, responsibilities, authority, job correlation, working environment conditions, hazard risk, job requirements , work performance, class position. The Department of Library and Archives of East Java Province does not yet have a job analysis application that can facilitate the preparation and management of the position analysis data. The purpose of this study is to describe the design of the job analysis application for the Office of Library and Archives of East Java Province. The method used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques cover literature studies, interviews, observations and documentation. The job analysis application design uses Microsft Accsess to input data and connect job information data from the results of the job analysis process. The output of the job analysis application design is in the form of a job information document. It is recommended that the East Java Provincial Library and Archives Office consider using this job analysis application and choose employees with computer skills, to facilitate the job analysis team in compiling job information.
Key :Job Descriptiom, Aplication, Ms, Acces