Pengaruh Literasi Halal dan Religiusitas Terhadap Minat Konsumsi Produk Halal Masyarakat Kabupaten Madiun
The Effect of Halal Literacy and Religiosity on Consumption Interests of Halal Products in Madiun Regency
Seiring dengan meningkatnya peredaran produk halal di pasar Indonesia, yang menyebabkan peningkatan Dalam minat masyarakat untuk mengkonsumsi produk halal, ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Kajian ini akan membahas pengaruh literasi dan religiusitas halal terhadap minat mengkonsumsi produk halal, studi kasus di Madiun Daerah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data penelitian primer dengan penyebaran kuisioner berupa Google Forms kepada masyarakat Kabupaten Madiun dengan jumlah 100 responden. Pengolahan data untuk mendapatkan hasil yang akurat menggunakan uji instrumen yang terdiri dari validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi dan religiusitas halal secara parsial dan secara simultan mempengaruhi minat mengkonsumsi produk halal di Kabupaten Madiun untuk kontribusi peran 42,8%. Kata kunci: Literasi Halal, Religiusitas, Minat Konsumsi, Produk Halal.
Along with the increasing circulation of halal products on the Indonesian market, which causes an increase
in public interest in consuming halal products, there are several influencing factors. This study will discuss
the effect of halal literacy and religiosity on interest in consuming halal products, a case study of Madiun
Regency. The method used is quantitative. The type of research data used is primary research data by
distributing questionnaires in the form of Google Forms to the people of Madiun Regency with 100
respondents. Data processing to accurate results using instrument tests consisting of validity and
reliability tests, classical assumption test, multiple linear regression analysis, t-test, f-test, and the
coefficient of determination (R2) test. The results showed that halal literacy and religiosity partially and
simultaneously influence the interest in consuming halal products in Madiun Regency for a contribution
role of 42.8%.
Keywords: Halal Literacy, Religiosity, Consumption Interest, Halal Products.