Berpikir kritis siswa merupakan proses multi-step, yaitu siswa mengamati, menganalisis, dan merealisasikan pengetahuan baru dan mengintegrasikan kedalam pemahaman mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat). Dengan adanya pendekatan Salingtemas dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas LKS berbasis pendekatan salingtemas pada materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-eksperimental dengan desain penelitian One group pretest-posttest design. RPP yang diterapkan divalidasi oleh para ahli dan akan diujicobakan kepada seluruh siswa X MIPA 2 di SMAN 2 Kota Mojokerto. Hasil validasi RPP 3,7 dengan kategori valid, hasil keterlaksanaan LKS 92,64% dengan aktegori sangat praktis, hasil belajar 87,17% dengan kategori tuntas, hasil keterampilan berpikir kritis siswa 88,3% dengan kategori baik, dan respon siswa 87,27% dengan kategori positif. Dengan demikian LKS yang dikembangkan layak digunakan pada proses pembelajaran di sekolah untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata kunci : LKS, Berbasis Pendekatan Salingtemas, dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.
The critical thinking skills students are multi-step process, students will observe analyze, realize, new knowledge and integrate into their understanding. This research used the Salingtemas approach (Science, Environment, Technology, and Society). Salingtemas approach could practice critical thinking skills students. This study aimed to evaluate the effectiveness of student worksheet based on the Salingtemas approach on ecosystem topic to practice critical thinking skills students for class X SMA. This research used the Pre-experimental with one group pretest-posttest design. RPP was applied validated by experts and will be trial to all students X MIPA 2 in SMAN 2 Kota Mojokerto. The validation results got the score of RPP 3,7 with valid category, implementation of students worksheet got 92,64% with very practical category, learning outcomes students got 87,17% with complete category, critical thinking skills of the results was 88,3% with good category, and student response 87,27% with positive category. So that from the results obtained, student worksheet were feasible to practice critical thinking skills students.
Keywords : Student worksheet, Based on The Salingtemas Approach, and Critical Thinking Skills Students.