ANALISIS RESEPSI GEN Z PEREMPUAN SURABAYA TERHADAP PENJUALAN PRODUK PAKAIAN MUSLIM DI LIVE TIKTOK SHOP
Saat ini media sosial memiliki fungsi yang beragam, salah satu fungsinya yaitu dapat membantu dalam dunia jual beli, media sosial yang dipilih dalam penelitian ini yaitu platform media sosial tiktok shop dengan fitur live shopping yang dimilikinya. Bagaimana pandangan khalayak terhadap live tiktok shop dengan penjualan produk pakaian muslim didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori resepsi milik Stuart Hall. Teori ini menjelaskan bagaimana sebuah tayangan media dapat mempengaruhi penontonnya hingga dapat dikategorikan menjadi tiga bagian, Dominan, Negosiasi dan Oposisi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi secara mendalam. Khalayak yang dipilih yakni generasi Z wanita kota Surabaya, bagaimana khalayak menerima serta memaknai penayangan live tiktok shop dengan penjualan produk pakaian muslim didalamnya, hasilnya terdapat khalayak yang setuju serta menerima baik secara keseluruhan, terdapat khalayak yang menerima tetapi dengan pertimbangan, dan terdapat khalayak yang tidak setuju dan tidak menerima baik terhadap adanya live tiktok shop dengan penjualan pakaian muslim.
Currently, social media has various functions, one of its functions is to help in the world of buying and selling, the social media chosen in this study is the TikTok Shop social media platform with its live shopping features. How does the audience view the live tiktok shop with the sale of Muslim clothing products in it. This research is qualitative research using Stuart Hall's reception theory. This theory explains how a media broadcast can influence its audience so that it can be categorized into three parts, Dominance, Negotiation and Opposition. Data collection techniques were carried out by means of interviews and in-depth observation. The selected audience is generation Z women in Surabaya, how the audience accepts and interprets the broadcast of the live tiktok shop with the sale of Muslim clothing products in it, the result is that there are audiences who agree and accept well as a whole, there are audiences who accept but with consideration, and there are audiences who disagree and do not accept well the existence of a live tiktok shop with the sale of Muslim clothing.