CORRELATION STUDY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' SPEAKING ANXIETY AND THEIR SPEAKING PERFORMANCE
Kecemasan berbicara adalah fenomena psikologis yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menyampaikan pikiran dan ide secara lisan. Sedangkan, kemampuan berbicara merupakan keterampilan yang penting dalam berkomunikasi. Tujuan dari peneiltian ini adalah untuk menentukan hubungan antara kecemasan berbicara siswa dan kinerja berbicara siswa tingkat sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan sampel sebanyak 36 siswa kelas tujuh di salah satu SMP Negeri di Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diadaptasi dari Horwitz et al. (1986) untuk mengetahui tingkat kecemasan berbicara siswa dan tes berbicara siswa digunakan untuk menegtahui kemampuan berbicara siswa. Hasil dari analisis data menggunakan IBM SPSS Statistic 26 didapatkan nilai koefisien korelasi sebesa r=-.402 dan nilai signifikasi sebesar 0.015. Berdasarkan data tersebut, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negative antara kecemasan berbicara siswa dan kemampuan bebricara siswa. Selain itu, ditemukan bahwa rata-rata siswa mengalami tingkat kecemasan berbicara pada level cemas.
Speaking anxiety is a psychological phenomenon that can affect a person's ability to convey thoughts and ideas orally. Meanwhile, speaking ability is an important skill in communication. The aim of this study is to determine the relationship between students' speaking anxiety and the speaking performance of state junior high school students. The research method used was a correlation study with a sample of 36 seventh-grade students at one of the State Junior High Schools in Lamongan. The data collection technique used a questionnaire adapted from Horwitz et al. (1986) to determine students' speaking anxiety levels and a student speaking test was used to determine students' speaking abilities. The results of data analysis using IBM SPSS Statistics 26 showed a correlation coefficient of r=-.402 and a significance value of 0.015. Based on these data, the results of this study indicate that there is a negative relationship between students' speaking anxiety and students' speaking abilities. In v addition, it was found that the average student experienced a level of anxiety about speaking at an anxious level.