PENGARUH MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK AUTIS
THE EFFECT OF VIDEO MEDIA IN LEARNING ON LEARNING OUTCOMES OF AUTISM
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh media video dalam pembelajaran terhadap hasil belajar anak autis. Metode penelitian menggunakan literatur review. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Menurut hasil satu literatur penelitian action research hasil dari media video untuk meningkatkan hasil belajar anak autis mendapatkan hasil 63,15% dengan rata-rata peningkatan sebesar 19,6%. Hasilanalisis data literatur review yang telah dilakukan terdapat tiga literatur yang menunjukkan hasil peningkatan keterampilan anak autis. Keterampilan tersebut dapat berupa keterampilan kognitif, keterampilan hidup, dan keterampilan sosial pada anak autis. Sebanyak dua literatur menunjukkan hasil bahwa anak adanya perubahan perilaku setelah penggunaan media video pembelajaran. Tiga literatur lainnya menunjukanbahwa media video dalam pembelajaran efektif untuk digunakan. Kesimpulan dari analisis tersebut menujukkan bahwa media video dalampembelajaran memiliki pengaruh terhadap hasil belajar anak autis berupa perubahan perilaku dan meningkatnya keterampilan anak autis.
Abstract
The purpose of this study was to analyze the effect of video media in learning on the learning outcomes of autism. The research method uses a literature review. Data analysis was carried out with a quantitative approach. According to the results of an action research literature, the results of video media to improve learning outcomes for autistic children get 63.15% results with an average increase of 19.6%. The results of the literature review data analysis that have been carried out are three literatures that show the results of improving the skills of autism. These skills can be in the form of cognitive skills, life skills, and social skills in autistic children. A total of two literatures show that children's behavior changes after the use of instructional video media. The other three literatures show that video media in learning is effective to use. The conclusion of the analysis shows that video media in learning has an influence on the learning outcomes of autistic children in the form of behavioral changes and increased skills of autism.