ABSTRAK
Fitria. 2018. Pengaruh Latihan Imagery dan Self talk Terhadap Konsentrasi dan Ketepatan Tusukan dalam Permainan Anggar. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Anung Priambodo, M.Psi. T., dan (II) Dr. Miftakhul Jannah. M.Si. Psikolog.
Kata Kunci : ketepatan tusukan, konsentrasi, latihan self talk, latihan imagery
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan performa atlet anggar dengan metode latihan imagery dan self talk. Tujuh siswa yang menjadi subjek penelitian akan dilakukan pretest untuk menentukan pembagian kelompok imagery, self talk dan kontrol. Pada penelitian ini akan digunakan dua instrumen tes, yaitu grid concentration exercise test untuk mengukur tingkat konsentrasi dan kuhadja skill fencing test untuk mengukur ketepatan tusukan. Akan diberikan latihan selama 4 minggu untuk masing-masing kelompok dan 2 kali perlakuan dalam satu minggu. Hasil uji ANOVA (Analysis Of Varian) pada metode latihan imagery tidak menunujukkan pengaruh yang signifikan pada kedua variabel yaitu variabel konsentrasi dan ketepatan tusukan, sedangkan kelompok self talk juga tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan pada variabel konsentrasi dan ketepatan tusukan.
Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok eksperimen ini tidak memiliki peningkatan yang signifikan guna meningkatkan konsentrasi dan ketepatan tusukan. Hal ini disebabkan karena keterbatasan waktu yang ada dan minimnya pertemuan treatmen per minggu yang diberikan, sehingga menjadikan pemahaman atlet dinilai masih kurang konsisten pada saat melakukan latihan imagery dan self talk pada setiap pertemuan.
ABSTRACT
Fitria. 2018. Effect of imagery training and self talk training to concentration and puncture accuracy. Thesis. Sport education program, magister program in state university of Surabaya. Advisors: (I) Dr. Anung Priambodo, M.Psi. T., and (II) Dr. Miftakhul Jannah. M.Si. Psikolog.
Keywords : puncture accuracy, concentration, self talk, imagery training
The purpose of this research is to increase performance of fencing athletes with imagery and self talk exercises. Seven students who were the subject of the study will be pretested to determine division of a group imagery, self talk and the control group. Grid concentration exercise test to measure the concentration level and kuhadja skill fencing test to measure puncture accuracy. Will be given exercise for 4 weeks of training for each group and treatment 2 times a week. Test result of ANOVA (Analysis Of Varian) in the method of exercise imagery did not show a significant influence on both variables concentration and puncture accuracy, group self talk did not show a significant influence on the variable of concentration and puncture accuracy.
From the data obtained it can be concluded that both experimental groups did not have an increase to improve the concentration and accuracy of the puncture. This can be due to limited time and less treatment, thus making the understanding of athletes considered to be less consistent when doing imagery and self talk exercises at each meeting.