ABSTRAK
PENGEMBANGAN RPG GAME UNTUK MEMBANTU BELAJAR MANDIRI SISWA DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR UNTUK SISWA KELAS X SMA
Nama : Nila Rosita Dewi
NIM : 15030174055
Program Studi : Pendidikan Matematika
Jurusan : Matematika
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pemgetahuan Alam
Name Institusi : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Atik Wintarti, M.Kom
Matematika adalah salah satu subjek yang berkontribusi dalam perkembangan teknologi dan memiliki peran penting dalam subjek lainnya di dalam pembelajaran. Matematika dapat membantu manusia untuk menyelesaikan beberapa permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang sering dijumpai adalah permasalahan dalam model sistem persamaan linear. Namun fakta dilapangan menunjukkan siswa-siswa masih mengalami kesulitan untuk menyelesaikan masalah mengenai sistem persamaan linear terutama dalam bentuk soal cerita karena pengaruh perspektif. Perspektif memengaruhi motivasi siswa dalam matematika. Diperlukan sebuah gagasan baru untuk memfasilitasi siswa dalam belajar mandiri seperti mengembangkan RPG game.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskirpsikan proses pengembangan dan menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari RPG game yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. ADDIE adalah kepanjangan dari Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation.Data dari penelitian ini diperoleh dari catatan lapangan, lembar validasi, lembar angket respon, dan ketuntasan level dalam game.
Hasil dari penelitian adalah sebuah game yang berjudul “Hello Counselor” yang memberikan akses untuk pemain berpetualang menyelamatkan dunia dengan menyelesaikan permasalahan yang melibatkan persamaan linear. Game ini di dikembangakan dengan 5 tahapan dalam ADDIE. Dalam tahap analysis dilakukan analisis kebutuhan siswa, kurikulum, dan tinjauan pustaka. Tahap design dilakukan dengan mendesain alur game, soal yang muncul dalam game, serta instrumen dalam penelitian. Tahap develop dilakukan dengan merealisasikan game dan mamvalidasikan game ke ahli materi dan media. Tahapan Implememtation dilakukan dengan menguji game ke subjek penelitian. Tahap Evaluation dilakukan dengan menganalisa data yang diperoleh selama penelitian. Game ini termasuk game yang dapat membantu belajar mandiri siswa karena terkategori dalam valid, praktis, dan efektif. Game ini termasuk valid karena RPG game yang dikembangkan dinyatakan valid dengan score 76.98%, praktis dengan score 75.72%, dan efektif karena persentase siswa yang lulus sebesar 78.57%.
Keyword:Pengembangan, ADDIE, RPG game, Belajar mandiri.
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF RPG GAME TO SUPPORT STUDENT’S SELF-STUDY ABOUT SIMULTANEOUS LINEAR EQUATIONS FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Name : Nila Rosita Dewi
Registration Number : 15030174055
Study program : Mathematics Education
Department : Mathematics
Faculty : Mathematics and Natural Science
Name of institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Atik Wintarti, M.Kom
Mathematics is a subject which contribute to technology development and have a big role in almost every subject in school. Mathematics itself help human to solve their daily problem in life. One of the most commonly encountered problem is simultaneous linear equation. In fact, students still have trouble to solve the problem of simultaneous linear equation moreover if it is a word problem because of perspectives. The perspective which student had impacted the motivation towards mathematics. So, it is a need to create a new idea to support student self-study such as developing an RPG game.
The aim of the study was to describe the procedure and test the validity, practicality, and effectiveness of the RPG game to support student self-study. This study is belonging to development research that used ADDIE as the models. ADDIE stands for Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data of this study were collected from field note, validity observation sheet, response questioner sheet, and game level completeness.
The result of the research is an android RPG game called “Hello Counselor” which provide the user to have journey to save the world while solving simultaneous linear equation which was developed in five phases in ADDIE. Analysis was carried out by analyzing student needs, curriculum, and literature review. Design was conducted by designing flowchart, presented problem, and instrument of the study. Development was carried out by realizing the design and validating the game to mathematical content and media constructional experts. Implementation was conducted by testing the game to subjects. Evaluation was carried out by analyzing the data of the study. The game classified as the prototype which could support student self-study about simultaneous linear equation for senior high school students because it is satisfied with three categories: valid, practical, and effective. The RPG game was stated as valid from validator with percentage score 76.98%. In the second criteria, the RPG game could be used with minor revision with practicality percentage score from response questioner sheet 75.71%. The last category, the game was labelled as effective with percentage score from game level completeness of subjects 78.57%
Keyword: Development, ADDIE, RPG game, self-study.