STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMP DHARMA WANITA 7 SIDOARJO DAN SMP DHARMA WANITA 8 SIDOARJO
STRATEGYÂ MARKETING IN EDUCATION SERVICE AT SMP DHARMA WANITA 7 SIDOARJO DAN SMP DHARMA WANITA 8 SIDOARJO.
ABSTRAK
Dunia telah memasuki zaman globalisasi, zaman dimana iklim kompetitif sudah masuk di semua line kehidupan. Pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan masa depan bangsa, disebabkan lembaga pendidikan adalah tempat untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas sumber daya manusia, Di lembaga pendidikan yakni strategi pemasaran jasa pendidikan merupakan langkah-langkah atau cara untuk memajukan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan, dan menganalisis tentang strategi pemasaran yang dilakukan oleh SMP Dharma Wanita 8 Sidoarjo dan SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo 2) Untuk mengetahui faktor pendukung strategi pemasaran jasa pendidikan di SMP Dharma Wanita 8 Sidoarjo dan SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam strategi pemasaran jasa pendidikan di SMP Dharma Wanita 8 Sidoarjo dan SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo 4) Untuk mengetahui solusi terhadap hambatan dalam strategi pemasaran jasa pendidikan di SMP Dharma Wanita 8 Sidoarjo dan SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian multi situs (Bogdan&Bikle 1982:105). Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam menggunakan lembar wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Di SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo dan SMP Dharma Wanita 8 Sidoarjo menggunakan strategi pemasaran 7P+ 1 yaitu (a) Strategi pemasaran product (Lulusan), (b) Strategi pemasaran price (biaya), (c) Strategi pemasaran place (Strategis), (d) Strategi pemasaran people (SDM), (e) Strategi pemasaran physical evidence (fasilitas fisik), (f) Strategi pemasaran promotion (promosi), (g) Strategi pemasaran proses (proses) dan (h) Strategi pemasaran program, (program), 2) faktor pendukung dalam strategi pemasaran adalah sumber daya manusia, kegiatan promosi, letak sekolah, biaya, dan program yang ada di sekolah, 3) faktor penghambat strategi pemasaran adalah sarana–prasarana yang belum memadai, persaingan antar sekolah dan masih adanya siswa yang terpaksa untuk menuntut ilmu di sekolah 4) Terkait dengan solusi terhadap hambatan strategi pemasaran jasa pendidikan di kedua sekolah yaitu memanfaatkan fasilitas yang ada dan mengikuti perkembangan zaman dan inovasi-inovasi yang baru dalam kegiatan pembelajaran (KBM)
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan,
ABSTRACT
The world has entered the era of globalization, an era where competitive climate has entered all lines of life. Education plays an important role in determining the future of the nation, because educational institutions are a place to improve knowledge and quality of human resources. In educational institutions that are marketing strategies for education services are steps or ways to advance schools. This study aims to: 1) To describe, and analyze the marketing strategy undertaken by SMP Dharma Wanita 8 Sidoarjo and SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo 2) To determine the factors supporting the marketing services marketing strategy at SMP Dharma Wanita 8 Sidoarjo and SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo 3) To find out the inhibiting factors in the marketing strategy of education services in SMP Dharma Wanita 8 Sidoarjo and SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo 4) To find out solutions to resistence in the marketing strategy of education services in SMP Dharma Wanita 8 Sidoarjo and SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo. This study uses a descriptive qualitative research design with a multi-site research design (Bogdan & Bikle 1982: 105). This research was conducted using in-depth interview techniques using structured interview sheets, observation and documentation. The results of this study indicate that: 1) In SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo and SMP Dharma Wanita 8 Sidoarjo using a 7P + 1 marketing strategy, namely (a) Product marketing strategy (Graduates), (b) Price (cost) marketing strategy, (c) Place (Strategic) marketing strategy, (d) People (HR) marketing strategy, (e) Physical evidence marketing strategy (physical facility), (f) Promotion marketing strategy (promotion), (g) marketing strategy (process) and (h) program marketing strategy, (program), 2) supporting factors in marketing strategy are human resources, promotional activities, school location, costs, and programs in school, 3) the inhibiting factors of marketing strategy are inadequate infrastructure, competition between schools and the presence of students who are forced to study at school 4) Related to solutions to resistence education service marketing strategies in both schools that utilize existing facilities and following a current development and new innovations in learning and teaching (KBM)
Keywords: Marketing Strategy, Educational Services,