ABSTRAK
Riyadi, Danang Sugeng. 201 9 . Penerapan Model Problem Based
Learning Berbantuan Media Edmodo untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
IPS Siswa Kelas IV SDN Putat Gede I/94 Surabaya . Tesis, Program
Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.V. Roesminingsih, M.Pd ., dan (II) Dr. H. Suhanadji, M.Si .
Kata-kata Kunci: Problem Based Learning, Edmodo,
Aktivitas dan Hasil Belajar.
Era globalisasi dengan perkembangan
teknologi yang pesat menjadi tantangan tersendiri bagi siswa dan guru.
Penerapan model pembelajaran dengan media yang tepat menjadi syarat mutlak
terjadinya aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan
Model Problem Based Learning
berbantuan media Edmodo. Jenis
penelitian yang digunkan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
selama tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari; perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Putat Gede
I/94 Surabaya. Data diperoleh melalui observasi, nilai pre-test dan post-test.
Validitas data menggunakan validitas demokratik, validitas hasil, validitas
proses, validitas katalitik dan validitas dialogis.
Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan
aktivitas guru pada siklus I mencapai 69%, Siklus II mencapai 83% dan Siklus
III mencapai 94%. Aktivitas belajar mencapai 70% pada siklus I, siklus II
meningkat 8% dari 70% disiklus I menjadi 78% disiklus II, selanjutnya pada
siklus III meningkat 14% dari 78% pada siklus II menjadi 92% disiklus III.
Peningkaatan hasil belajar mencapai 0,3 pada siklus I dengan kategori rendah, siklus
II menjadi 0,5 dengan kategori sedang, siklus III menjadi 0,7 dengan kategori
tinggi. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 63%, siklus II meningkat 20%
dari 63% pada siklus I menjadi 83%, Siklus III meningkat 13% dari 83% pada siklus II menjadi menjadi 96% disiklus
III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan Edmodo dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS.