ABSTRAK
PERAN PEMIMPIN DALAM
DISIPLIN KERJA PEGAWAI
Nama : Moh Deni Darmawan
NIM : 16040263020
Program Studi : DIII Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Agus Prasetyawan, S.Sos., M.Si
Pemimpin merupakan seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain untuk melakukan suatu tindakan yang bertujuan untuk mencapai sebuah tujuan organisasi yang lebih baik. Dalam sebuah organisasi, bawahan selalu bergantung pada pemimpin. Sebuah organisai membutuhkan pemimpin yang tegas, yang mampu mempengaruhi perilaku bawahannya. Dengan begitu bawahan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat sesuai SOP yang telah ditetapkan. Selain memberi pengarahan, membimbing, dan juga mempengaruhi bawahan. Pemimpin juga harus berperilaku tegas dalam mendisiplinkan pegawai. Disiplin kerja pada pegawai sangat dibutuhkan, karena dengan disiplin pegawai maka apa yang menjadi tujuan sebuah organisasi akan sangat mudah dapat dicapai. Dengan dimilikinya disiplin kerja tidak hanya memberi keuntungan terhadap organisasi saja, melainkan juga dapat memberi keuntungan bagi pegawai itu sendiri. Menurut Singodimedjo (dalam Sutrisno 2009: 90 ) disiplin adalah sikap kesediaan dan kerelaan seseorang untuk memetuhi dan menaati norma-norma peraturan yang berlaku disekitarnya.
Hasil penelitian ini menggambarkan pada bagaimana peran Kepala Sub Bagian Kepegawaian (Ibu Endang Paryati, S.H) dalam mempengaruhi, mendorong, dan memberikan contoh pada bawahan dalam membangun disiplin kerja disiplin kerja dalam lingkungan Sub Bagian Kepegawaian dalam instansi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sidoarjo yang dianalisis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Pasolong (2008:33) yaitu peran pengambilan keputusan, peran mempengaruhi, peran memotivasi, peran antar pribadi, peran informasional.
Saran dari hasil penelitian dalam penelitian yang dilakukan, dihasilkan bahwa pelaksanaan kepemimpinan dalam membangun disiplin kerja yang dilakukan oleh Ibu Endang Paryati, S.H sebagai Kepala Sub Bagian Kepegawaian dirasa masih kurang, karena kurangnya kemampuan dalam berkomunikasi, dan peran dalam memotivasi pada bawahan yang dimiliki oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian. Dengan hasil demikian saran yang diberikan oleh peneliti yaitu dengan memperkuat peraturan dalam membangun disiplin kerja, untuk Ibu Endang Paryati, S.H untuk lebih mencoba membangun komunikasi dengan bawahan, dan untuk Staff Kepegawaian agar lebih mengerti tentang SOP yang dimilikinya dan mencoba mengerti di setiap arahan yang diberikan Kepala Sub Bagian Kepegawaian.
Kata Kunci : Peran Pemimpin dan Disiplin Kerja
ABSTRACT
ROLE OF THE LEADER TOWARDS
EMPLOYEES SENSE OF DICIPLINE
Name : Moh Deni Darmawan
Student Number : 16040263020
Program Study : DIII Administrasi Negara
Department : Administrasi Publik
Faculty : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Mentor : Dr. Agus Prasetyawan, S.Sos., M.Si
A leader is someone who is able to influence others to take actions that aim to achieve an organizational goal. In an organization, employee always depend on the leader. An organization needs a firm leader who is able to influence the behavior of his employee. That way employee can complete the job properly and precisely according to the rules that have been made. Besides giving direction, guiding, and also influencing the employees. Leaders must also behave decisively in disciplining employees. Work discipline for employees is needed, because dicipline is the key of the goal of an organization will be achieved. Having sense of discipline does not only bring benefit to the organization, it can also bring benefit to the employees themselves. According to Singodimedjo (in Sutrisno 2009: 90) discipline is an attitude of desire and willingness to obey the norms of regulations that apply around it. The results of this study illustrate how the role of the Head of Personnel Subdivision (Mrs. Endang Paryati, SH) in influencing, encouraging, and giving examples to employees in the office to work with discipline in the Civil Service Subdivision within the Sidoarjo Regency Regional Disaster Management Agency was analyzed using theory put forward by Pasolong (2008: 33) namely the role of decision making, the role of influence, the role of motivating, interpersonal role, informational role. Suggestions from the results of research in the research conducted, resulted that the implementation of leadership in building work discipline conducted by Mrs. Endang Paryati, SH as the Head of Personnel Sub Division is still lacking, due to lack of ability to communicate, and the role in motivating employees owned by the Head of Human Resources Sub Division. With this result the advice given by the writer is to strengthen regulations in the office to work discipline, for Ms. Endang Paryati, SH to try to build communication with the employees, and for Human Resources Staff to understanding the SOP they have and try to understanding in every direction that given by the Head of Human Resources Subdivision.
Keywords: Role of Leaders and Work Discipline