Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
Pengembangan Media Video Animasi Teknik Pengambilan Gambar Mata Pelajaran Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan
Kode Dokumen
:
0048/FIP-TP/2024
Penulis Utama
:
NILA ARWITA
NIM Penulis Utama
:
20010024008
Tahun
:
2024
Judul ID
:
Pengembangan Media Video Animasi Teknik Pengambilan Gambar Mata Pelajaran Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan
Judul EN
:
Development of Animation Video Media, Image Capture Techniques, Basic Subjects, Visual Communication Design, Class X Vocational High Schools
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Pendidikan - Jurusan S1 Teknologi Pendidikan - 20010024008 - 2024
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Peneliti ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi yang layak dalam pembelajaran materi angle dan F.O.V guna proses pembelajaran pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan sebuah model pengembangan ADDIE, dengan menggabungkan pendekatan kualitatif serta kuantitatif. Analisis data yang dilakukan menggunakan penilaian kelayakan dan efektivitas. Desain peneliti menggunakan pre-test dan post-test peserta didik SMK Negeri 3 Surabaya. Temuan peneliti menunjukkan validitas yang tinggi oleh ahli materi, desain pembelajaran, serta media, yakni hasil validasi materi 86,6%, hasil desain pembelajaran 80% hasil media 95%. Pada hasil uji coba produk kelayakan media oleh perorangan rata-rata sebesar 97%, uji oleh kelompok 91%, uji kelompok besar hasil 97%. Sehingga, media video animasi terbukti efektif serta layak dipergunakan untuk proses pembelajaran kepada peserta didik di SMK Negeri 3 Surabaya. Kata kunci: Media video animasi, efektivitas, kelayakan, proses pembelajaran, model ADDIE.
Abstrak EN
:
This researcher aims to produce animated video media that is suitable for learning angle and F.O.V material for the learning process for students. This research uses an ADDIE development model, combining qualitative and quantitative approaches. Data analysis was carried out using feasibility and effectiveness assessments. The researcher's design used a pre-test and post-test for students at SMK Negeri 3 Surabaya. The researchers' findings showed high validity by material, learning design and media experts, namely material validation results were 86.6%, learning design results were 80%, media results were 95%. In the media product feasibility trials results by individuals averaged 97%, in group tests 91%, in large group tests the results were 97%. Thus, animated video media has proven to be effective and suitable for use in the learning process for students at SMK Negeri 3 Surabaya. Keywords: Animated video media, effectiveness, feasibility, learning process, ADDIE model.
Link Artikel
File Abstrak
File Lampiran