Rancang bangun Plugin Codepix pada Moodle dengan model pjbl untuk meningkatkan KOMPETENSI Pemrograman berorientasi objek pada siswaba
(Studi Kasus SMK pgri 2 sidoarjo)
CODEPIX PLUGIN DESIGN ON MOODLE WITH PJBL MODEL TO IMPROVE OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING COMPETENCE IN STUDENTS
(CASE STUDY OF SMK PGRI 2 SIDOARJO)
Dalam kondisi pendidikan modern, sudah semestinya teknologi menjadi bagian yang tidak dapat dihilangkan dalam dunia pendidikan. Dari kemajuan teknologi pembelajaran ini, membuat sistem manajemen pembelajaran atau LMS seperti Moodle berkembang pesat. Moodle juga dapat disesuaikan dan dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan institusi atau pengguna individu.
Dalam hal ini peneliti merancang sebuah plugin berbasis moodle karena selain open source, moodle juga menyediakan alat untuk membuat, mengatur, dan mengelola secara efektif materi pembelajaran. Dengan ini dibutuhkan juga sebuah bentuk pembelajaran yang mendukung hal tersebut dan maka dari itu peneliti menerapkan bentuk pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam kemampuan cognitive and psychomotor.
Proyek ini menerapkan metode R&D mnggunakan prosedur ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 28 murid kelas 10 RPL SMK PGRI 2 Sidoarjo sebagai responden utama serta menggunakan one group pretest dan posttest untuk mengevaluasi aspek kognitif dan psikomotorik. Data yang didapat akan di analisis menggunakan beberapa metode uji seperti uji validasi perangkat pembelajaran, uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov dan uji hipotesis dengan paired sample t-test. Temuan studi yang diperoleh pada penilaian validasi media sebesar 86,66%, validasi RPP sebesar 93,07%, validasi materi sebesar 91,76%, dan validasi soal sebesar 92,5%, maka hasil semua penilaian validasi tersebut menunjukkan “Sangat Layak”. Selain itu, hasil uji normalitas juga menggambarkan data tersebar secara normal. Lalu, hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) = 0,000, lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa plugin Codepix pada Moodle dengan model Project Based Learning efektif dalam meningkatkan kompetensi pemrograman berorientasi objek siswa kelas 10 RPL di SMK PGRI 2 Sidoarjo.
Kata Kunci: ADDIE, Kompetensi, Moodle, Pemrograman Berorientasi Objek, Project Based Learning
In the context of modern education, technology should undeniably be an integral part of the educational sphere. The advancement of educational technology has led to the rapid development of Learning Management Systems (LMS) like Moodle. Moodle is highly customizable and adaptable to the needs of institutions or individual users.
In this regard, the researcher designed a Moodle-based plugin because, in addition to being open source, Moodle provides tools for effectively creating, organizing, and managing learning materials. Therefore, a form of learning that supports this is also needed, and thus the researcher implemented project-based learning to enhance students' cognitive and psychomotor skills.
This project applied the R&D method using the ADDIE procedure. The research subjects involved 28 tenth-grade students from the RPL program at SMK PGRI 2 Sidoarjo as the primary respondents and used a one-group pretest and posttest to evaluate cognitive and psychomotor aspects. The data collected were analyzed using several test methods, such as the learning device validation test, normality test with Kolmogorov-Smirnov, and hypothesis testing with paired sample t-test. The study findings showed media validation at 86.66%, lesson plan (RPP) validation at 93.07%, material validation at 91.76%, and test validation at 92.5%, indicating that all validation assessments were "Highly Suitable." Additionally, the normality test results indicated that the data were normally distributed. The hypothesis test results showed a sig (2-tailed) value of 0.000, which is less than 0.05, thus rejecting H0 and accepting H1. Consequently, it can be concluded that the Codepix plugin on Moodle with the Project-Based Learning model is effective in improving the object-oriented programming competence of tenth-grade RPL students at SMK PGRI 2 Sidoarjo.
Keywords: ADDIE, Competence, Moodle, Object-Oriented Programming, Project-Based Learning.