Rekam medis merupakan sarana pendokumentasian identitas dan riwayat kesehatan pasien. Rekam medis juga digunakan sebagai penyimpanan informasi medis yang menguraikan segala aspek yang berhubungan dengan pasien. Namun terdapat permasalahan pada rekam medis yaitu melakukan pengelolaan riwayat kesehatan pasien dengan cara manual, sehingga mengakibatkan pencatatan rekam medis menjadi terlambat. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis terdorong untuk membangun aplikasi rekam medis di puskesmas buduran. Aplikasi rekam medis yang bertujuan untuk menyimpan rekam jejak dari kesehatan pasien dengan cepat dan memudahkan dalam pengelolaan data pasien. Aplikasi rekam medis ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall. Metode yang penerapannya secara berurutan dengan 5 langkah. Dimulai dengan tahap analisis (analys), desain (design), implementasi sistem (coding), pengujian (testing), pemeliharaan (maintenance). Aplikasi rekam medis ini telah berhasil diterapkan dan berguna untuk membantu mempercepat pekerjaan puskesmas. Yang dibuktikan dengan hasil kuisioner yang diisi oleh pasien dan karyawan puskesmas yaitu 88,77% dengan kategori kelayakan “sangat baik”.
Kata Kunci : Rekam medis, laporan, puskesmas,pasien.
Medical records are a means of documenting the patient's identity and medical history. Medical records are also used as medical information storage that outlines all aspects related to patients. But there is a problem in the medical record that is managing the patient's medical history manually. Resulting in late recording of medical records. Based on these problems the authors are compelled to build a medical record application in Puskesmas Buduran. Medical record application that aims to store track records of patient health quickly and facilitate the management of patient data. This medical record application was built using the waterfall method. The method is applied in sequence with 5 steps. Starting with the analysis phase (analysis), design (design), system implementation (coding), testing (testing), maintenance (maintenance). This medical record application has been successfully implemented and is useful to help speed up the work of the health center. As evidenced by the results of the questionnaire filled out by patients and staff of the health center that is 88.77% with the category of "very good".
Keywords: Medical records, reports, health centers, patients.