EKSPLORASI NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA SITUS MAKAM SENDANG DUWUR PACIRAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
EXPLORATION OF RELIGIOUS CHARACTER VALUES ON SENDANG DUWUR PACIRAN TOMB SITE AS A RESOURCE OF LEARNING IN SOCIAL STUDIES
Pendidikan karakter dan budaya bangsa saat ini mengalami
berbagai permasalahan, antara lain disorientasi dan ketidakpatuhan
terhadap nilai-nilai pancasila. Oleh karena itu, diperlukan pembinaan
karakter pada peserta didik melalui pendidikan karakter. Dalam
memperoleh nilai karakter religius dapat diambil dari salah satu situs
sejarah yakni Situs Makam Sendang Duwur. Manfaat pengambilan nilai
karakter religius bagi sumber belajar IPS agar tidak hanya transfer of
knowlede akan tetapi dapat diimplementasikan dalam transfer of values dan
transfer of skills yang berguna bagi kehidupan peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi
menformulasikan nilai-nilai karakter religius di situs Makam Sendang
Duwur Paciran sebagai sumber belajar IPS. Metode penelitian yang
digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan hermeneutik. Data
yang diambil menggunakan metode wawancara mendalam. Penelitian ini
melibatakan 7 informan melalui teknik purposive, dengan 3 orang
informan utama serta 4 orang informan pendukung. Analisis data
penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif dengan penyajian
data dalam bentuk deskriptif naratif.
Hasil pada penelitian ini didapatkan 3 tema besar yakni nilai
karakter pada situs makam Sendang Duwur yang tercermin dalam kisah
historis maupun peninggalan (arkeologis) yang ada pada situs makam
Sendang Duwur, strategi formulasi nilai karakter religius pada situs
makam Sendang Duwur disesuaikan dengan nilai pendidikan karakter
yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud pada profil pelajar pancasila
dimensi „Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia‟, serta situs makam Sendang Duwur sebagai sumber belajar IPS digunakan sebagai sumber belajar learning by utilization dengan potensi
dari aspek sejarah, aspek kebudayaan, aspek sosial, aspek ekonomi, serta
aspek lingkungan fisik atau geografi.
Character education and national culture are currently experiencing
various problems, including disorientation and disobedience to Pancasila values.
Therefore, it is necessary to develop character in students through character
education. In obtaining religious character values, it can be taken from one of the
historical sites, namely the Sendang Duwur Cemetery Site. The benefits of taking
religious character values for social studies learning resources so that they are not
only a transfer of knowledge but can be implemented in the transfer of values and
the transfer of skills that are useful for the lives of students.
This study aims to describe a strategy for formulating religious character
values at the Sendang Duwur Paciran Cemetery site as a social studies learning
resource. The research method used is a qualitative method with a hermeneutic
approach. Data taken using in-depth interview method. This study involved 7
informants using a purposive technique, with 3 main informants and 4
supporting informants. Data analysis in this study used interactive analysis
techniques by presenting data in a descriptive narrative form.
The results of this study obtained 3 major themes, namely character values
at the Sendang Duwur tomb site which are reflected in historical stories and
(archaeological) remains at the Sendang Duwur tomb site, the strategy for
formulating religious character values at the Sendang Duwur tomb site is
adjusted to the value of character education that has been determined by the
Ministry of Education and Culture on the Pancasila student profile of the
dimension 'Faithful, Devoted to God Almighty, and Noble', as well as the
Sendang Duwur grave site as a learning resource Social studies is used as a
learning resource learning by utilization with the potential of historical aspects, cultural aspects, social, economic aspects, as well as physical or geographical
environmental aspects.