DEVELOPMENT OF ELECTRONIC MODULE WITH AUGMENTED REALITY ON PYRAMID FOR VIII GRADE
Untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, terlebih di masa pandemi yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online, dibutuhkan suatu inovasi seperti penggunaan media pembelajaran interaktif untuk pembelajaran timbal balik antara satu dengan yang lain serta dapat diakses secara online. Modul elektronik dengan Augmented Reality dikemas dalam bentuk media pembelajaran yang dapat digunakan secara mandiri kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan modul elektronik dengan Augmented Reality berbasis android bernama “AR LIMAS” sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan matematika siswa, khususnya dalam materi limas. Pemilihan materi limas pada modul elektronik didasarkan pada beberapa penelitian sebelumnya mengenai miskonsepsi yang dialami siswa pada materi bangun ruang limas. Pengembangan modul elektronik ini menggunakan metode penelitian ADDIE dengan memperhatikan nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan demi terciptanya media pembelajaran yang baik. Modul elektronik ini diuji cobakan pada 3 peserta didik kelas VII dengan kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Pengkategorian x kemampuan matematis siswa didasarkan pada nilai ujian akhir semester pada semester sebelumnya. Berdasarkan penilaian dari para ahli, modul elektronik ini dinyatakan memiliki kategori baik dengan persentase validitas sebesar 86.59%. Kemudian hasil dari angket penggunaan modul elektronik memperoleh nilai persentase kepraktisan yaitu 98,35% dengan kategori sangat baik. Hasil pre-test dengan perolehan nilai rata-rata 15 mengalami peningkatan pada post-test dengan perolehan nilai rata-rata 82,5, sehingga modul dinilai efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi limas.
In order to create a joyful learning environment, especially during a pandemic that requires learning to be carried out online, an innovation is needed such as the use of interactive learning media for mutual learning which can be accessed online. Electronic modules with Augmented Reality are packaged in the form of learning media that can be used independently everytime and everywhere. This study aims to develop an electronic module with android-based Augmented Reality named "AR LIMAS" as a media to improve students' learning motivation and mathematical abilities, especially on pyramid geometry problem. The selection of pyramid material in the electronic module was based on several previous studies regarding the misconceptions experienced by students on pyramid. The development of this electronic module used the ADDIE research method by taking into account the scores of validity, practicality, and effectiveness for the creation of good learning media. This electronic module was tested on 3 students of VII grade who have low, medium, and high mathematical ability. The categorization of students' mathematical ability was based on viii the final examination scores in the previous semester. Based on the assessment of experts, this electronic module was declared to have a good category with a validity percentage of 86.59%. Then the results of the questionnaire using the electronic module obtained a practicality percentage value of 98.35% with a very good category. The results of pretest with an average score of 15 increased in posttest with an average score of 82.5, so the module was considered effective in improving students' understanding on pyramid.