IMPLEMENTATION OF POGIL MODEL ON RATE OF REACTION TOPIC TO TRAIN STUDENTS CRITICAL THINKING SKILLS
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) aktivitas peserta didik yang menunjukkan telah dilatih keterampilan berpikir kritis, 2) keterlaksanaan pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), 3) keterampilan dalam berpikir kritis peserta didik pada penerapan POGIL. Jenis penelitian yang digunakan pra-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ialah peserta didik kelas XI di salah satu SMAN Surabaya. Perangkat pembelajaran yang digunakan berupa RPP, Silabus, dan LKPD yang mengacu pada model pembelajaran POGIL. Instrumen penelitian terdiri dari 1) lembar pengamatan aktivitas peserta didik, 2) lembar pengamatan keterlaksanaan POGIL dan 3) lembar pretest dan posttest berupa 5 soal essay keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan keterampilan kritis dalam berfikir sebelum penerapan model POGIL, 1) aktivitas peserta didik sudah menunjukkan telah dilatih keterampilan berpikir kritis dan beraktivitas sesuai sintak POGIL. 2) keterlaksanaan pembelajaran peserta didik sudah baik, hal ini berdasarkan hasil observasi terhadap pertemuan ke-1 dan ke-2 pada pelaksanaan pembelajaran. 3) hasilnya menunjukan pada pretest dan posttest sudah mencapai nilai standar ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. 4) keterampilan berpikir kritis setelah pembelajaran POGIL lebih tinggi dibandingkan sebelum pembelajaran POGIL dibuktikan dari hasil t-test paired sample dengan nilai thitung (3,690) > ttabel (0,3246). Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan dengan model pembelajaran POGIL.
This study aims to determine 1) whether the students 'activities had shown critical thinking skills, 2) the implementation of Process Oriented Learning (POGIL) learning, 3) students' critical thinking skills in implementing POGIL. This type of research used pre-experiment with the research design One Group Pretest-Posttest Design. The subjects of this study were students of class XI MIA 7 at SMAN 8 Surabaya. The learning tools used are in the form of lesson plans, syllabus, and LKPD which refer to the POGIL learning model. The research instrument consisted of 1) student activity observation sheets, 2) POGIL implementation sheets and 3) pretest and posttest sheets in the form of 5 questions of critical thinking skills. The results showed that the increase in critical skills in thinking before the POGIL model, 1) students have shown that students have shown critical thinking skills and activities. 2) the implementation of student learning is good, this is based on the results of observations of the 1st and 2nd meetings in the implementation of learning. 3) shows the results at the pretest and posttest have reached the minimum completeness standard value (KKM), namely 70.4) critical thinking skills after POGIL learning are higher than before POGIL learning as evidenced by the results of the paired sample t-test with tcount (3,690)> t table (0.3246).