PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN LONTAR 481 SURABAYA
THE DEVELOPMENT OF COMIC MEDIA TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN LEARNING SCIENCE WATER CYCLE MATERIAL IN CLASS V SDN LONTAR 481 SURABAYA
Minimnya penggunaan media pembelajaran berakibat pada hasil belajar siswa yang cenderung masih rendah. Di samping itu, siswa cenderung mudah bosan jika buku siswa hanya berisi teks saja sehingga mengakibatkan kurangnya minat belajar siswa. Oleh karena itu, penulis menggagaskan sebuah pengembangan media komik pada pembelajaran IPA materi siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Lontar 481 Surabaya dengan tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui kevalidan pada pembelajaran IPA materi siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Lontar 481 Surabaya; (2) Untuk mengetahui kepraktisan pada pembelajaran IPA materi siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Lontar 481 Surabaya; (3) Untuk mengetahui keefektifan pada pembelajaran IPA materi siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Lontar 481 Surabaya.
Pada penelitian pengembangan ini, peneliti menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan. Pertama, dilakukan tahapan analisis buku siswa, pendidik, studi literatur, siswa, dan media pembelajaran. Kedua, tahap desain meliputi desain perangkat pembelajaran, materi, dan media. Ketiga, tahapan pengembangan melalui kegiatan pengembangan media komik IPA materi siklus air dan proses validasi. Keempat, dilakukan tahapan implementasi media komik IPA materi siklus air secara langsung pada 26 siswa kelas V SDN Lontar 481 Surabaya untuk menguji kepraktisan media melalui angket siswa dan keefektifan media melalui pretest dan posttest. Selanjutnya, tahap evaluasi dilakukan pada setiap tahapan.
Dari hasil penelitian pengembangan media komik materi siklus air layak digunakan dengan kriteria kelayakan perolehan nilai presentase validasi media sebesar 95, 31%, validasi materi sebesar 92, 5%, dan validasi bahasa sebesar 93,75%. Selanjutnya, pada tahap implementasi di sekolah dasar diperoleh data kepraktisan media komik IPA materi siklus air berdasarkan angket respon siswa adalah sebesar 91,07%. Data keefektifan media komik IPA materi siklus air dari hasil belajar siswa pada kegiatan pretest dan posttest memiliki peningkatan yang signifikan pada analisis n-gain dengan perolehan rata-rata sebesar 0,71 yang memiliki kategori “tinggi”. Sehingga dapat dikatakan penggunaan media komik ini memberikan dampak pada hasil belajar siswa dan tingkat kreatifitas siswa.
The lack of use of learning media results in low student learning outcomes. Besides, students tend to get bored if the student book contains only text which is resulting in the lack of student enthusiasm in learning. Therefore, the writer initiated the development of comic media on the science learning water cycle material to improve student learning outcomes in class V SDN Lontar 481 Surabaya with the aim of the study: (1) To find out the validity of comic media on the science learning water cycle material to improve student learning outcomes in class V SDN Lontar 481; (2) To find out the practicality of comic media on the science learning water cycle material to improve student learning outcomes in class V SDN Lontar 481; (3) To find out the effectiveness of comic media on the science learning water cycle material to improve student learning outcomes in class V SDN Lontar 481.
In this study's development, researchers used the ADDIE model which consisted of five stages. First, analysis of student books, educators, literature studies, students, and learning media. Second, the design stage includes the design of learning tools, materials, and media. Third, the development phase through the development of science comics media for water cycle material and the validation process. Fourth, the implementation phase of science comic media is carried out directly by 26 students of Class V Lontar 481 SDN Surabaya to test the practicality of the media through student questionnaires and the effectiveness of the media through pretest and posttest. Furthermore, the evaluation phase is carried out at each stage.