PELATIHAN BAHASA ADALAH SERANGKAIAN KEGIATAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN BERBAHASA ASING UNTUK CALON TENAGA KERJA INDONESIA DALAM BIDANG RUMAH TANGGA YANG DISELENGGARAKAN OLEH BLK-LN GUNAWAN SUKSES ABADI SEBAGAI PENYALUR TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR NEGERI. PEATIHAN BERTUJUAN UNTUK MEMBERIKAN KOMPETENSI BERBAHASA ASING SEBAGAI KEMAMPUAN DASAR YANG HARUS DIMILIKI TENAGA KERJA INDONESIA UNTUK BERKOMUNIKASI SAAT BEKERJA DI LUAR NEGERI.
TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGETAHUI HUBUNGAN ANTARA PELATIHAN BAHASA DENGAN CAPAIAN KOMPETENSI BERBAHASA ASING CALON TKI RUMAH TANGGA DI BLKLN GUNAWAN SUKSES ABADI SURABAYA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KUANTITATIF DENGAN JENIS PENELITIAN KORELASIONAL. JUMLAH RESPONDEN DALAM PENELITIAN INI ADALAH 40 PESERTA PELATIHAN DI BLK-LN GUNAWAN SUKSES ABADI. PADA PENELITIAN INI TEKNIK PENGUMPULAN DATA YANG DIGUNAKAN ADALAH ANGKET DAN DOKUMENTASI. SEDANGKAN TEKNIK ANALISIS DATA MENGGUNAKAN RUMUS PRODUCT MOMENT UNTUK MENGANALISIS HASIL ANGKET.
HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN R-HITUNG LEBIH BESAR DARI R-TABEL (0,493 >= 0,312) SEHINGGA HA DITERIMA DAN HO DITOLAK. HUBUNGAN ANTARA DUA VARIABEL TERMASUK DALAM KATEGORI SEDANG KARENA BERADA PADA INTERVAL KOEFISIEN (0,40 - 0,599). KARENA NILAI HUBUNGAN MENUNJUKKAN HASIL POSITIF MAKA DIKATAKAN SEARAH. HASIL UJI SIGNIFIKAN JUGA MENUNJUKKAN BAHWA HARGA T-HITUNG LEBIH BESAR DARI T-TABEL (3,493 >= 2,024). SEHINGGA DAPAT DISIMPULKAN BAHWA TERDAPAT HUBUNGAN POSITIF, SIGNIFIKAN DAN SEARAH ANTARA PELATIHAN BAHASA DENGAN CAPAIAN KOMPETENSI BERBAHASA ASING CALON TKI RUMAH TANGGA. HUBUNGAN POSITIF INI DOPEROLEH KARENA FAKTOR INSTRUKTUR PELATIHAN YANG BAIK DALAM MEMBERIKAN MATERI PELATIHAN YANG DITUNJUKKAN DENGAN PEROLEHAN PRESENTASE NILAI INDIKATOR SEBESAR 75%. SARAN YANG DIBERIKAN DEMI PENINGKATAN KUALITAS PROGRAM PELATIHAN TENAGA KERJA DI BLK-LN GUNAWAN SUKSES ABADI ADALAH INDTRUKTUR PELATIHAN PERLU LEBIH BANYAK MEMBERIKAN MOTIVASI DAN MENGGUNAKAN METODE PELATIHAN YANG MENARIK SAAT MENYAMPAIAKAN MATERI PELATIHAN AGAR PESERTA PELATIHAN LEBIH MUDAH MENERIMA MATERI
KATA KUNCI : PELATIHAN BAHASA, CAPAIAN KOMPETENSI BERBAHASA ASING TKI
LANGUAGE TRAINING IS A SERIES OF EDUCATIONAL ACTIVITIES TO INCREASE KNOWLEDGE AND FOREIGN LANGUAGE SKILL FOR PROSPECTIVE INDONESIAN WORKERIN THE HOUSEHOLD SECTOR ORGANIZED BY BLK-LN GUNAWAN SUKSES ABADI AS A SUPPLIER OF PROSPECTIVE INDONESIAN HOUSEHOLD LABOUR ABOARD. THE TRAINING AIMS TO PROVIDE FOREIGN LANGUAGE COMPETENCE AS A BASIC ABILITY THAT MUST BE POSSESSED BY INDONESIAN WORKERS TO COMMUNICATE WHILE WORKING ABOARD
THE PURPOSE OF THIS STUDY WAS TO DETERMINE THE CORRELATIONAL BETWEEN LANGUAGE TRAINING AND ACHIEVEMENT OF FOREIGN LANGUAGE COMPETENCY OF INDONESIAN HOUSEHOLD LABOUR IN BLK-LN GUNAWAN SUKSES ABADI SURABAYA. THIS STUDY USES A QUANTITATIVE APPROACH TO THE TYPE OF CORRELATIONAL RESEARCH. THE NUMBER OF RESPONDENTS IN THIS STUDY WERE 40 TRAINEES AT BLK-LN GUNAWAN SUKSES ABADI. IN THIS STUDY THE DATA COLLECTION TECHNIQUES USED WERE QUESTIONNAIRES AND DOCUMENTATION. WHILE THE DATA ANALYSIS TECHNIQUE USES THE PRODUCT MOMENT FORMULA TO ANALYZE THE RESULTS OF THE QUESTIONNAIRE.
THE RESULTS SHOWED R-COUNT GREATER THAN R-TABLE (0.493 >= 0.312) SO HA WAS ACCEPTED AND HO WAS REJECTED. THE CORRELATIONAL BETWEEN THE TWO VARIABLES IS INCLUDED IN THE MEDIUM CATEGORY BECAUSE IT IS IN THE COEFFICIENT INTERVAL (0.40 - 0.599). BECAUSE THE CORRELATIONAL SHOWS POSITIVE RESULTS, IT IS SAID TO BE THE SAME DIRECTION. SIGNIFICANT TEST RESULTS ALSO INDICATE THAT THE PRICE OF T-COUNT IS GREATER THAN T-TABLE (3.493 >= 2.024). SO THAT IT CAN BE CONCLUDED THAT THERE IS A POSITIVE, SIGNIFICANT AND UNIDIRECTIONAL CORRELATIONAL BETWEEN LANGUAGE TRAINING AND THE ACHIEVEMENT OF FOREIGN LANGUAGE COMPETENCIES OF PROSPECTIVE INDONESIAN LABOUR. THIS POSITIVE CORRELATIONAL WAS OBTAINED BECAUSE OF THE GOOD TRAINING INSTRUCTOR FACTOR IN PROVIDING TRAINING MATERIAL AS INDICATED BY THE ACQUISITION OF AN INDICATOR VALUE PERCENTAGE OF 75%.. THE ADVICE GIVEN FOR IMPROVING THE QUALITY OF WORKFORCE TRAINING PROGRAMS IN THE BLK-LN GUNAWAN SUKSES ABADI IS TRAINING INSTRUCTORS NEED TO PROVIDE MORE MOTIVATION AND USE ATTRACTIVE TRAINING METHODS WHEN DELIVERING TRAINING MATERIALS SO THAT TRAINING PARTICIPANTS CAN MORE EASILY RECEIVE THE MATERIAL.
KEYWORDS: LANGUAGE TRAINING, ACHIEVEMENT OF INDONESIAN LABOUR FOREIGN LANGUAGE COMPETENCE