PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT PADA NIAT ULANG PENGGUNAAN APLIKASI FINTECH OVO
INFLUENCE OF PERCEIVED EASE OF USE AND PERCEIVED USEFULNESS ON REUSE INTENTION OF FINTECH OVO APPLICATION
Perkembangan teknologi telah membawa perubahan pada kebutuhan masyarakat akan alat pembayaran yang dapat memenuhi kecepatan, ketepatan dan keamanan pada setiap transaksi elektronik. Go pay memiliki pengguna aktif bulanan terbanyak dengan 30% dari total transaksi uang elektronik di Indonesia, sementara OVO terus mengembangkan pengguna aplikasinya setiap triwulan dan tahun dan menjadi fintech favorit dimana kedua penyedia memiliki beberapa perbedaan layanan. Technology Acceptance Model (TAM) memiliki 2 faktor yang dapat mempengaruhi penerimaan penggunaan teknologi, yaitu persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat . Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis data kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda, dengan sampel 150 responden melalui kuesioner online. Teknik pengambilan sampel responden dengan menggunakan teknik non random sampling Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap niat menggunakan kembali pada pelanggan OVO.
Technological developments have brought about a change in the public's need for a payment instrument that can meet the acceleration, accuracy and security of every electronic transaction. Go pay has the most monthly active users with 30% of total electronic money transactions in Indonesia,while OVO continues to grow its application users every quarter and year and be the most favorite fintech both providers have several service differences. The Technology Acceptance Models (TAM) has 2 factors that can influence the acceptance of the use of technology, namely perception of the ease of use and perceived usefulnes of technology . This study used a quantitative data analysis approach using multiple linear regression,with sample 150 respondents by online questionaires. Sampling technique of respondents using non random sampling techniques There is a positive and significant influence between perceived ease of use and perceived usefulness on reuse intention for OVO customers.