Pengembangan Media Aplikasi Rinji リンジ berbasis Android untuk Pembelajaran Kanji menggunakan Metode Rikusho
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan R&D menurut Sugiyono (2013), yang dihasilkannya produk berupa media pembelajaran berbasis Android. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE menurut Lee dan Owens (2004) dengan tahapan analisis, desain, development (pengembangan), implementasi, evaluasi, dan akan diproduksi secara massal setelah dilakukannya revisi dari saran para ahli. Penelitian ini dirujuk dari hasil angket analisis kebutuhan dan masalah siswa XI IPS 4 SMA Negeri Jogoroto Jombang dimana 100% dari 34 siswa mengalami kesulitan dalam belajar huruf Kanji. Akibat terjadinya WFH (Work From Home) oleh virus Covid-19, dunia pendidikan memulai memanfaatkan perangkat lunak (software) dan teknologi pada perangkat seperti desktop atau mobile device, salah satu contohnya adalah pemanfaatan smartphone. Dari sinilah peneliti mengembangakan media pembelajaran Kanji ‘Rinji’ berupa aplikasi berbasis Android. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kelayakan media aplikasi ‘Rinji’ dari para ahli validasi media. Hasil validasi dari kelayakan pengembangan media aplikasi ‘Rinji’ dilihat dari hasil validasi media. Nilai rata-rata yang dihasilkan dari uji validitas ini adalah 90,9% dengan kriteria sangat layak digunakan menurut Arikunto. Dan aplikasi ‘Rinji’ dapat dikatakan layak digunakan untuk pembelajar huruf Kanji.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Rinji,Uji Kelayakan.
This research is Research#and Development from Sugiyono (2013), to#produce product such as Andoroid-base learning media. The model that used is the development of ADDIE development model from Lee and Owens (2004) that has some stages which are Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation, and will be mass produce after a revision by experts recommendation. This research is based on the questionnaire of needed and problem analysis from XI IPS 4 Jogoroto Jombang senior high school that reach 100% of 34 students difficulties in learning Kanji. Cause of Work From Home caused by Covid-19, world of education is starting to use technology such as desktops or mobile device. From this, the researcher developed the kanji learning media ‘Rinji’ in the form of an Android-base application.
Validation results by the advisability of developing application media seen from the results of media validation. The average value resulting from this validity test is 90,9% with the criteria very feasible to use, according to Arikunto, which means a decent media is used as a medium of learning media. Learning media can be used as a learning tool that can be used independently by learners. And ‘Rinji’ application very feasible to learn Kanji.
Keywords: Learning Media, Android, Rinji, Feasibility test.