THE EFFECT OF DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) ON READING COMPREHENSION OF VOCATIONAL STUDENTS
Penelitian ini berfokus pada pengaruh metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap pemahaman bacaan siswa. Penelitian ini menetapkan populasi penelitian ini berdasarkan SMK di Jawa Timur. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan kelompok eksperimen dan kontrol. Perlakuan pada kelompok eksperimen memperoleh 83,64 (SD = 8,02) sedangkan rerata skor sebelum dan sesudah pemberian perlakuan DRTA berpengaruh nyata (P>0,05). Skor rata-rata kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol (P>0,05). Selain itu, perlakuan tersebut efektif dalam meningkatkan peningkatan logis siswa dalam pemahaman membaca. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa.