THE EFFECTIVENESS OF A DIRECT LEARNING MODEL USING DIGITAL SCRAPBOOK ON ANIMAL BREEDING MATERIALS IN DEAF STUDENTS AT SLB – B DHARMA WANITA SIDOARJO
Pada perkembangan zaman digital, maka kebutuhan belajar pada anak dibuat inovatif, terutama pada siswa tunarungu yang menyesuaikan kebutuhan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran langsung pada media belajar digital scrapbook yang dilakukan di SLB B Dharma Wanita Sidoarjo. Metode yang digunakan ialah pre-eksperimen dengan desain one group pretest – post test, dengan analis data yang dilakukan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari digital scrapbook terhadap hasil belajar IPA siswa tunarungu, dengan nilai signifikasi sebesar 0,018, yang lebih kecil dari nilai ambang α = 0.05, hal ini menunjukkan bahwa media digital scrapbook efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa tunarungu. Berdasarkan hasil tersebut penelitian ini menyimpulan bahwa integrasi teknologi digital dalam bentuk digital scrapbook pada model pembelajaran langsung merupakan strategi efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa tunarungu.
Kata Kunci: Digital Scrapbook, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, Siswa Tunarungu
In the digital era, children's learning needs have been made innovative, especially for deaf students who adapt their learning needs. This research aims to evaluate the effectiveness of the direct learning model using digital scrapbook learning media carried out at SLB B Dharma Wanita Sidoarjo. The method used was pre-experiment with a one group pretest – post test design, with data analysis carried out using the Wilcoxon test. The results of this research show that there is a significant influence of digital scrapbooks on the science learning outcomes of deaf students, with a significance value of 0.18, which is smaller than the threshold value of α = 0.05. This shows that digital scrapbook media is effective in improving science learning outcomes for deaf students. Based on these results, this research concludes that the integration of digital technology in the form of digital scrapbooks in the direct learning model is an effective strategy for improving science learning outcomes for deaf students.
Keywords: Digital Scrapbook, Direct Learning Model, Learning Outcomes, Deaf Students