PENDEKATAN FLOOR TIME UNTUK INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK SPEKTRUM AUTIS
FLOOR TIME APPROACH TO SOCIAL INTERACTION
IN AUTIST SPECTRUM CHILDREN
Anak dengan spektrum autis mempunyai gangguan dalam bidang interaksi sosial, yaitu tidak tertarik untuk bermain bersama teman, lebih suka menyendiri, tidak ada atau sedikit kontak mata atau menghindar untuk bertatapan, senang menarik tangan orang lain untuk melakukan apa yang diinginkan. Salah satu intervensi yang dapat diterapkan pada anak dengan spektrum autis untuk mengatasi hambatan sosial adalah pendekatan Floortime. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengkaji kumpulan literatur terkait sebagai sumber data. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Hasil kajian diperoleh bahwapendekatan floortime efektif untuk diterapkan terhadap interaksi sosial anak ASD.Bukti yang ada tentang penerapan DIR Floortime untuk meningkatkan kemampuan sosial pada anak dengan autisme sudah menunjukkan hasil yang signifikan, dan terdapat perubahan secara kualitatif pada subjek.
Kata Kunci: Floortime, interaksi sosial, autism, keefektifan.
Children with autistic spectrum have a disorder in the field of social interaction, namely not interested in playing with friends, prefer to be alone, no or little eye contact or avoid to stare, happy to draw the hands of others to do what they want. One intervention that can be applied to autistic children to overcome social barriers is the Floortime approach. This study uses literature review method by reviewing the related literature collection as a data source. The data is then analyzed using qualitative descriptive analysis. The results of the study obtained that floortime approach is effective to be applied to the social interaction of ASD children. Existing evidence of the application of DIR Floortime to improve social skills in children with autism has shown significant results, and there have been qualitative changes in the subject.
Keywords: Floortime, social interaction, autism, effectiveness.