Video pembelajaran merupakan salah satu media yang dapat digunakan guru untuk membantu mencapai efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penerapan media video pembelajaran pada kompetensi dasar membuat pola blus sesuai desain serta keterlaksanaan proses pembelajaran dalam penerapan media video pembelajaran meliputi aktivitas guru dan siswa di kelas X Busana Butik 3 SMK Negeri 6 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Pre Experimental Design. Desain penelitian adalah One-Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai Desember di SMK Negeri 6 Surabaya kelas X Busana Butik 3 tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain metode observasi dan tes hasil belajar siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni lembar observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, serta lembar tes, yakni tes tertulis untuk mengukur aspek kognitif dan tes kinerja untuk mengukur aspek psikomotor. Teknik analisis data yakni meliputi analisis data tes hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media video pembelajaran, serta analisis data deskriptif yang digunakan untuk menganalisis data keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan media video.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh penerapan media video pembelajaran kompetensi dasar membuat pola blus sesuai desain terhadap hasil belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 88%. 2) proses pembelajaran dalam penerapan media video pembelajaran kompetensi dasar membuat pola blus sesuai desain dapat terlaksana dengan sangat baik dengan total skor yang diperoleh untuk aktivitas guru sebesar 95% dan aktivitas siswa sebesar 86%.
Learning videos are one of the media that teachers can use to help achieve effectiveness and efficiency in learning. The purpose of this study was to determine the effect of the application of instructional video media on the basic competencies of making blouse patterns in accordance with the design and implementation of the learning process in the application of instructional video media including the activities of teachers and students in class X Fashion Boutique 3 of SMK Negeri 6 Surabaya.
This research is an experimental study with a type of Pre Experimental Design research. The study design was a One-Shot Case Study. The study was conducted in November to December at SMK Negeri 6 Surabaya Class X Boutique Clothing 3 in the academic year 2019/2020. Data collection methods in this study include the method of observation and student learning outcomes tests. Data collection instruments used were observation sheets to observe teacher and student activities during the learning process, and test sheets, namely written tests to measure cognitive aspects and performance tests to measure psychomotor aspects. Data analysis techniques which include analysis of learning outcomes test data used to determine the effect of the use of instructional video media, as well as descriptive data analysis used to analyze data on the implementation of the learning process using video media.
The results showed that 1) there was an effect of the application of the basic competency learning video media to make blouse patterns according to the design of student learning outcomes with mastery learning outcomes of 88%. 2) the learning process in the application of basic competency learning video media makes blouse patterns in accordance with the design can be done very well with a total score obtained for teacher activity by 95% and student activity by 86%.