Prokrastinasi Akademik Memediasi Pengaruh Efikasi Diri dan Literasi Ekonomi Terhadap Kecurangan Akademik
Academic Procrastination As Mediation Of Self Efficacy And Economic Literacy On Academic Dishonesty
Kecurangan akademik seakan menjadi hal biasa di kalangan mahasiswa saat ini. Padahal kebiasaan yang buruk ini dapat berdampak buruk terhadap kredibilitas dan kejujuran serta tidak dapat menggambarkan kemampuan mereka yang sesungguhnya. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh efikasi diri, literasi ekonomi, serta prokrastinasi akademik terhadap kecurangan akademik secara langsung dan melalui prokrastinasi akademik sebagai mediasi. Data penelitaan ini diambil dari 181 mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2017 Universitas Negeri Surabaya yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengujian data menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan pendekatan kuantitatif menggunakan WarpPls. Penelitian menampilkan efikasi diri berpengaruh secara langsung serta tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap kecurangan akademik. Literasi ekonomi tidak mempunyai pengaruh langsung dan berpengaruh secara tidak langsung terhadap kecurangan akademik. Prokrastinasi akademik mempunyai pengaruh signifikan terhadap kecurangan akademik. Temuan menarik penelitian ini menujukkan belajar mandiri dan kontrol diri menentukan kuat tidaknya efikasi diri dalam mempengaruhi kecurangan akademik. Selain itu inisiatif pribadi dan kemalasan dalam prokrastinasi akademik dapat mempengaruhi tinggi rendahnya kecurangan akademik.
Academic dishonesty seems to be commonplace among students today. This bad habits can have a negative impact on credibility and honesty and cannot represent their true abilities. This study aims to analyze the effect of self-efficacy, economic literacy, and academic procrastination on academic dishonesty directly and through academic procrastination as mediation. The data of this reasearch was taken from 181 students majoring in economic education class 2017, Surabaya State University who were taken by random sampling technique. The data testing technique uses structural equation modeling (SEM) with a quantitative approach using WarpPls. Research shows that self-efficacy has a direct and indirect effect on academic dishonesty. Economic literacy does not have a direct effect but have indirect effect on academic dishonesty. Academic procrastination has a significant effect on academic dishonesty. The interesting findings of this study show that independent learning and self-control determine whether or not self-efficacy is strong in influencing academic dishonesty. In addition, personal initiative and laziness in academic procrastination can affect the level of academic dishonesty.