PENGARUH PERMAINAN KASTI UNTUK MEMBENTUK
NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK
THE INFLUENCE OF KASTI GAMES TO FORM
STUDENTS' CHARACTER VALUES IN PJOK LEARNING
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang akan dibutuhkan untuk dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Maka dari itu pendidikan sangat penting untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab, dengan ini pembelajaran PJOK juga ikut adil dalam pendidikan. Permainan merupakan suatu aktivitas yang terdapat pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK), yang didalamnya terdapat nilai-nilai karakter seperti kerjasama, tanggung jawab, sportif, percaya diri, jujur dan disiplin. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan kasti untuk membentuk nilai-nilai karakter siswa dalam pembelajaran PJOK di UPT SDN Ngaban, Tanggulangin Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan pendekatan kuantitatif, dengan desain One Grub Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan murid kelas IV UPT SDN Ngaban, Tanggulangin Sidoarjo sebagai subjek penelitian dengan jumlah 44 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian dapat kita ketahui terdapat pengaruh dalam permainan kasti untuk membentuk nilai-nilai karakter siswa dengan hasil nilai pre-test sebesar 361,93 sedangkan hasil nilai post-test sebesar 442,62 sehingga peningkatan rata-ratanya sebesar 80,69 yang artinya hasil nilai pre-test dengan post-test mengalami peningkatan sejumlah 22,2%. Pernyataan tersebut terbukti dari hasil analisis dengan menggunakan uji (Paired Samples Test) yang memperoleh hasil signifikasi 0,000 yang berarti < 0,05 maka dari hasil menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata kunci : Permainan Kasti, Nilai-Nilai Karakter
Education is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere and learning process so that students can actively develop their potential to have spiritual strength, religion, self-control, personality, intelligence, noble character, and skills that will be needed for themselves, society, nation and state. Therefore, education is very important to develop abilities and shape the character and civilization of a dignified nation in order to educate the life of the nation with the aim of developing the potential of students to become human beings who believe and fear god almighty, have noble character, are healthy, knowledgeable, creative, independent and become democratic and responsible citizens, with this (PJOK) learning also participates fairly in education. Games are an activity found in physical education, sports and health (PJOK) learning, which contains character values such as cooperation, responsibility, sportsmanship, self-confidence, honesty and discipline. This study was conducted to determine whether there is an influence of the game of rounders to form student character values in PJOK learning at UPT SDN Ngaban, Tanggulangin Sidoarjo. The type of research used is a (quasi experiment) with a quantitative approach, with a One Group Pretest-Posttest Design. This study used fourth grade students of UPT SDN Ngaban, Tanggulangin Sidoarjo as research subjects with a total of 44 students. Based on the results of data analysis in this study, the data obtained from the implementation of the study can be seen that there is an influence in the game of rounders to form student character values with a pre-test score of 361.93 while the post-test score was 442.62 so that the average increase was 80.69 which means that the pre-test and post-test scores increased by 22.2%. This statement is proven by the results of the analysis using the (Paired Samples Test) which obtained a significance result of 0.000 which means <0.05, so the results show that Ha is accepted and Ho is rejected.
Keywords : Kasti Games, Character Values