Pengaruh Self-Efficacy, Dukungan Sosial Keluarga dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMA Negeri 1 Sidoarjo
The Influence of Self-Efficacy, Family Social Support and Knowledge of Entrepreneurship on Entrepreneurial Interest of SMA Negeri 1 Sidoarjo Students
Pendidikan SMA dan lulusan perguruan tinggi paling banyak yang menganggur dan pengangguran sendiri bisa diperkecil dengan mengajak masyarakat untuk membuka usaha-usaha baru atau berwirausaha terutama di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh parsial dari Self-Efficacy terhadap minat berwirausaha siswa, (2) pengaruh parsial dari dukungan sosial keluarga terhadap minat berwirausaha siswa, (3) pengaruh parsial dari pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa (4) pengaruh simultan dari Self-efficacy, Dukungan Sosial Keluarga dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling non random sampling dengan populasi sebanyak 116 siswa. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif secara parsial self-efficacy terhadap minat berwirausaha siswa dengan nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung (11,160) > t tabel (1,98260), tidak terdapat pengaruh positif secara parsial dukungan sosial keluarga terdahap minat berwirausaha siswa dengan nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,293 < 0,05 dan nilai t hitung (1,057) > t tabel (1,98260), tidak terdapat pengaruh positif secara parsial pengetahuan kewirausahaan terdahap minat berwirausaha siswa dengan nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,203 < 0,05 dan nilai t hitung (1,279 ) > t tabel (1,98260). Serta secara simultan antara self-efficacy, dukungan sosial keluarga dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMA Negeri 1 Sidoarjo berpengaruh positif dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0.05, dan nilai f hitung (90,559) > f tabel (2,684) dengan nilai kontribusi variabel independen pada nilai Adjusted R square sebesar 0,708 dengan presentase sebesar 70,8%.
Kata Kunci : Self-Efficacy, Dukungan Sosial Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha
High school education and college graduates are mostly unemployed and unemployment itself can be minimized by inviting the public to open new businesses or entrepreneurship, especially among teenagers. This study aims to determine (1) the partial effect of Self-Efficacy on students' entrepreneurial interest, (2) the partial effect of family social support on students' entrepreneurial interest, (3) partial influence of entrepreneurial knowledge on students' entrepreneurial interest (4) simultaneous influence from Self-efficacy, Family Social Support and Entrepreneurship Knowledge on Student Entrepreneurial Interests at SMA Negeri 1 Sidoarjo. By using a sampling technique that is non-random sampling technique with a population of 116 students. The study used primary data obtained from questionnaires. The analysis method uses multiple linear regression analysis with the help of the SPSS 26 program. The results of this study indicate that there is a partially positive effect of self-efficacy on students' interest in entrepreneurship with a significance value (Sig.) of 0.000 <0.05 and a t-count value (11.160) > t table (1.98260), there is no partial positive effect of family social support on students' interest in entrepreneurship with a significance value (Sig.) of 0.293 <0.05 and t-count value (1.057) > t table (1.98260), there is no partial positive effect of entrepreneurial knowledge on students' interest in entrepreneurship with a significance value (Sig.) of 0.203 <0.05 and a t-count value (1.279) > t table (1.98260). As well as simultaneously between self-efficacy, family social support and entrepreneurial knowledge on entrepreneurial interest in SMA Negeri 1 Sidoarjo students a positive effect with a significance value of 0.000 <0.05, and the value of f count (90.559) > f table (2.684) with the value of the contribution of the independent variable on the Adjusted R square value of 0.708 with a percentage of 70.8%.
Keywords: Self-Efficacy, Family Social Support, Entrepreneurship Knowledge, Interest in Entrepreneurship