EVALUASI KINERJA BUNDARAN TAMAN PINANG SIDOARJO
Nama : Angela Surya Pawestri
NIM : 16050593004
Program Studi : D3 Transportasi
Jurusan : Teknik Sipil
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Ir. H. Dadang Supriyatno, M.T.
NIP : 196407201997021001
Bundaran merupakan salah satu jenis pengendalian persimpangan yang mempunyai tingkat kecelakaan lalu-lintas relatif rendah dibandingkan jenis persimpangan bersinyal maupun persimpangan tak bersinyal. Ketika arus lalu lintas menjadi padat maka, semakin besar kemungkinan antrian kendaraan akan menurunkan tingkat operasi dari bundaran tersebut. Sehingga perlu diadakannya evaluasi kinerja Bundaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pada Bundaran Taman Pinang Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah metode traffic counting dan metode geometrik, yang dilakukan dengan survei pada Bundaran. Melakukan traffic counting pada waktu jam sibuk, yang diambil hari selasa, pada jam keberangkatan yaitu pukul 06.00 – 09.00 dan pada jam kepulangan yaitu pada pukul 16.00 – 19.00.
Hasil studi yang didapatkan dari evaluasi kinerja bundaran Taman Pinang Sidoarjo adalah nilai derajat kejenuhan pada waktu pagi dan sore hari pada ruas jalan Ponti dan jalan Taman Pinang Sidoarjo yang didapat untuk jalan Ponti pada pagi hari adalah 0,79 dan pada sore hari 0,81 , sedangkan pada jalan Taman Pinang pada pagi hari adalah 0,90 dan pada sore hari 0,91. Maka, pada Bundaran Taman Pinang Sidoarjo dapat dikatakan jenuh atau macet karena derajat jenuhnya lebih dari 0,70
Kata Kunci: Bundaran, Evaluasi Kinerja, Derajat Kejenuhan
Abstract
Performance Evaluation Of Roundabout On Taman Pinang Sidoarjo
Name : Angela Surya Pawestri
Registration Number : 16050593004
Study Program : Associate Degree Transportation
Departement : Civil Engineering
Faculty : Engineering
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Ir. H. Dadang Supriyatno, M.T.
Registration Number : 196407201997021001
Roundabout is one type of intersection control that has a relatively low traffic accident rate compared to the type of signal intersection or signal junction. When the flow of traffic becomes dense then, the more likely the vehicle queue will lower the operating level of the roundabout. So it needs to take the roundabout performance evaluation.
This research aims to know the performance at Taman Pinang Sidoarjo roundabout. The method used is the counting traffic method and the geometric method, which is done with the survey on the roundabout. Traffic counting during peak hours, which is taken on Tuesdays, at the departure time of 06.00 – 09.00 and at the hour of return is at 16.00 – 19.00.
The results of the study obtained from the performance evaluation of Taman Pinang Sidoarjo is the Degrees of saturation in the morning and evening on the road of Ponti and the road Taman Pinang Sidoarjo obtained for the road Ponti in the morning is 0.79 and in the afternoon Day 0.81, while on the road Taman Pinang in the morning is 0.90 and in the afternoon 0.91. Then, at Taman Pinang Sidoarjo roundabout can be said to be saturated or stuck due to a full degree of more than 0.70.
Keywords: Roundabout, Degrees Of Saturation, Performance a
Evaluation