ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 5 GRESIK
ANALYSIS OF SELF-REGULATED LEARNING IN SCIENCE FOR CLASS VIII SMPN 5 GRESIK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas VIII SMPN 5 Gresik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan Lembar kuesioner (angket). Lembar angket berisikan mengenai kemandirian belajar siswa dengan menggunakan 8 indikator kemandirian belajar, yakni Mendiagnosa kebutuhan belajar, menetapkan target/ tujuan belajar, inisiatif belajar, memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan, mengevaluasi proses hasil belajar, menerapkan strategi belajar, self efficacy, dan memandang kesulitan sebagai tantangan. Pada lembar angket terdapat 30 pernyataan, yang terdiri dari 18 pernyataan positif dan 12 pernyataan negatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengolahan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPA sudah masuk kategori tinggi pada tujuh indikator, dan ber kategori sangat tinggi pada indikator mengevaluasi proses hasil belajar. Dibuktikan dengan hasil data analisis angket siswa mendapatkan persentase ketercapaian pada setiap indikator kemandirian belajar memiliki nilai sebesar 61% hingga 81%.
The objective of this paper was to analyze the self-regulated learning in science for class VIII SMPN 5 Gresik. This research included in the descriptive study with a quantitative approach. The data were collected from 30 students. The sampling technique in this study was a purposive sampling technique. The technique of collecting data in this study used a questionnaire sheet. The questionnaire sheet contains of students’ self-regulated learning, and using 8 indicators of students’ self-regulated learning there are 1) Diagnosing learning needs; 2) Determination of Learning Goals; 3) Learning Initiatives; 4) Take advantage of and seek relevant sources; 5) Evaluating the process of learning; 6) Apply learning strategies; 7) Self Efficacy; and 8) Seeing adversity as a challenge. In the questionnaire there are 30 statements, which consist of 18 positive statements and 12 negative statements. The data analysis technique used in processing descriptive statistical. The results showed that students' self-regulated learning in science learning had entered the high category on seven indicators, and one indicator was included in the very high category, namely the Evaluating Process Learning Outcomes indicator. It is proven by the results of the questionnaire analysis data that students get the percentage of achievement on each indicator of self-regulated learning which has a value of 61% to 81%.