ABSTRAK
PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING
PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI (GRADING
ROK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3
PAMEKASAN
Nama : Irmaniar Dwi Yuliana Putri
NIM : 17050404067
Program
Studi : S1 Pendidikan Tata Busana
Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan
Keluarga
Fakultas : Teknik
Nama
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. Marniati, SE., M.M.
Project
based learning adalah
metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta
didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi
untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah
(1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning terhadap pembuatan pola grading rok, (2) Untuk mengetahui respon siswa kelas XI SMK Negeri
3 Pamekasan terhadap pembelajaran pembuatan pola grading rok dengan menggunakan metode project based learning , (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa
kelas XI SMK Negeri 3 Pamekasan setelah diterapkan pembelajaran menggunakan
metode project based learning pada
pembuatan pola grading rok.
Jenis
penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR).
Penelitian dilakukan di SMK negeri 3 Pamekasan dengan subjek siswa kelas XI
Tata Busana 1 sebanyak 31 siswa terdiri dari 30 perempuan dan 1 laki- laki.
Kelas XI Tata Busana 2 sebanyak 34 siswa terdiri dari 34 Perempuan dan 0
laki-laki di SMK Negeri 3 Pamekasan. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah (1) obeservasi, (2) tes hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah (1) lembar observasi, (2) lembar tes. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil
penelitian menunjukkan (1) Aktivitas guru pada siklus 1 memperoleh skor (70,6%)
dan mengalami peningkatan pada siklus 2 (82,9%) sangat baik, (2) ktivitas siswa
pada siklus 1 memperoleh skor (70,8%) dan mengalami peningkatan pada siklus 2
(83,8%), Peningkatan skor dinyatakan berhasil, (3)Hasil belajar siswa pada
penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami
peningkatan dengan nilai ketuntasan mencapai total (97%) yang dapat
dikategorikan sangat baik.
Kata Kunci: Project
Based Learning , Pembuatan Busana Industri (Grading rok), Hasil belajar siswa.